Gara-Gara AI, Google PHK Ratusan Karyawan

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 12 2024, 07.20

Google akan memberhentikan beberapa ratus pekerja di berbagai bagian bisnisnya, karena raksasa pencarian tersebut mengalihkan lebih banyak sumber daya ke arah perkembangan pesat Artificial intelligence (AI) atau dikenal sebagai kecerdasan buatan.

Dilansir dari laman New York Post, beberapa ratus karyawan dipecat dari tim teknik inti Google. Perusahaan tersebut juga memecat ratusan pekerja dari divisi yang mengerjakan program “Voice Assistant”.

Tidak hanya itu, Google memangkas ratusan peran lainnya sambil merampingkan divisi perangkat kerasnya, yang bertanggung jawab atas perangkat seperti Pixel, Nest, dan Fitbit.

Jumlah pasti karyawan yang terkena dampak PHK masih belum diketahui secara pasti. Namun, menurut laporan, Google memiliki lebih dari 182.000 karyawan di seluruh dunia pada musim gugur lalu.

“Seperti yang telah kami katakan, kami berinvestasi secara bertanggung jawab pada prioritas terbesar perusahaan kami dan peluang signifikan di masa depan,” kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

“Untuk menempatkan kami dalam posisi terbaik dalam memanfaatkan peluang ini, sepanjang paruh kedua tahun 2023, sejumlah tim kami melakukan perubahan agar menjadi lebih efisien dan bekerja lebih baik, serta menyelaraskan sumber daya mereka dengan prioritas produk terbesar mereka,” juru bicara Google menambahkan.

Google mengatakan bahwa beberapa tim terus melakukan perubahan organisasi seperti ini, termasuk penghapusan peran secara global. Kami terus mendukung karyawan yang terkena dampak saat mereka mencari peran baru di Google dan di luarnya.

Diketahui, perombakan tenaga kerja terjadi ketika Google, Microsoft, dan perusahaan teknologi besar lainnya bersaing ketat untuk membangun alat AI yang canggih.

Pada bulan Desember, Google meluncurkan produk AI generatif terbarunya yang disebut Gemini, yang akan bersaing langsung dengan ChatGPT OpenAI yang didukung Microsoft.

Karyawan yang dipecat akan dapat melamar peran lain di perusahaan. Google juga memberi mereka sumber daya seperti layanan penempatan tenaga kerja dan pesangon, kata perusahaan itu.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

OpenAI Klaim SearchGPT Membuat Pencarian di Web Lebih Cepat

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 23.11

SearchGPT akan menyaingi Google Search.


Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022