Meta Lindungi Remaja dari Pesan Langsung yang Tidak Diinginkan di IG dan FB

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 29 2024, 10.31

Platform media sosial Meta meluncurkan fitur baru untuk melindungi pengguna remaja dari pesan langsung yang tidak diinginkan di Instagram dan Facebook. Meta mengatakan, para remaja tidak akan lagi menerima pesan langsung dari siapa pun yang tidak mereka ikuti, atau tidak terhubung dengan mereka di Instagram secara default. 

Meta mematikan kemampuan remaja untuk menerima DM dari siapa pun yang tidak mereka ikuti atau tidak terhubung dengan mereka di Instagram, termasuk remaja lain secara default.

Selain itu, Meta juga membuat kontrol orang tua menjadi lebih kuat dengan mengizinkan wali untuk membolehkan atau menolak perubahan pengaturan privasi default yang dibuat oleh remaja. Sebelumnya, ketika remaja mengubah pengaturan ini, wali mendapatkan notifikasi, tetapi mereka tidak dapat mengambil tindakan apa pun.

“Untuk membantu melindungi remaja dari kontak yang tidak diinginkan di Instagram, kami membatasi orang dewasa di atas usia 19 tahun untuk mengirim pesan kepada remaja yang tidak mengikuti mereka, dan kami membatasi jenis dan jumlah pesan langsung (DM) yang dapat dikirim oleh orang dewasa kepada orang yang tidak mengikutinya menjadi satu pesan teks saja,” kata Meta dikutip dari AsiaOne.

"Hari ini kami mengumumkan langkah tambahan untuk membantu melindungi remaja dari kontak yang tidak diinginkan dengan mematikan kemampuan mereka untuk menerima DM dari siapa pun yang tidak mereka ikuti atau tidak terhubung dengan mereka di Instagram termasuk remaja lain secara default,” jelas Meta.

Di Messenger, akun pengguna yang berusia di bawah 16 tahun dan di bawah 18 tahun di beberapa negara hanya akan menerima pesan dari teman Facebook, atau orang yang terhubung dengan mereka melalui kontak telepon. Akibatnya, orang dewasa yang berusia di atas 19 tahun tidak dapat mengirim pesan kepada remaja yang tidak mengikuti mereka.

Pengawasan regulator meningkat setelah mendapat kesaksian di Senat Amerika Serikat oleh seorang mantan karyawan Meta yang menuduh perusahaan tersebut mengetahui adanya pelecehan, dan bahaya lain yang dihadapi remaja di platformnya. Namun, Meta dikabarkan gagal untuk menindak kejahatan di dunia maya itu.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Lindungi Anak Muda dari Sextortion

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 22.41

Salah satu fitur baru ini akan mendeteksi dan memburamkan gambar yang mengandung ketelanjangan.


Generic placeholder image

Di Eropa, Anak Usia 13 Tahun Sudah Boleh Menggunakan WhatsApp

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 13.18

WhatsApp dituding mengutamakan keuntungan pemegang saham dan mengesampingkan keselamatan anak-anak.


Generic placeholder image

Tiru Instagram, TikTok Akan Luncurkan TikTok Notes

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 10.30

Fenomena peniruan merajalela di seluruh platform media sosial.


Generic placeholder image

Ratusan Ribu Konten Kreator Mulai Terima Uang dari Youtube Shorts

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 29 2024, 21.52

Youtube Shorts merupakan upaya platform milik Google ini untuk bersaing dengan TikTok dan Instagram.


Generic placeholder image

Instagram Perkenalkan Fitur Baru, Salah Satunya Bisa Edit Pesan

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 06 2024, 16.28

Pengguna dapat mengedit pesan hingga 15 menit setelah dikirim.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022