Ratusan Ribu Konten Kreator Mulai Terima Uang dari Youtube Shorts

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 29 2024, 21.52

Ratusan ribu kreator kini mendapatkan bayaran dari memposting video berdurasi pendek di platform Youtube. Youtube Short merupakan upaya merekabersaing dengan para kompetitor eperti TikTok dan Instagram. 

Bayarannya tidak murah: platform milik Google ini membayar puluhan ribu dolar untuk beberapa kreator video pendek terbaiknya setiap bulannya.

YouTube mulai menawarkan para kreator untuk mendapatkan bagian dari pendapatan iklan untuk Shorts tahun lalu. Fitur peniru TikTok ini berusaha untuk menonjol dalam lanskap video online yang sangat kompetitif. 

Kini, lebih dari seperempat dari 3 juta kreator dalam Program Mitra YouTube menghasilkan uang dari Shorts. YouTube mengatakan bahwa data baru ini menunjukkan kemampuannya untuk memberikan insentif kepada para kreator yang sudah ada untuk mencoba format baru dan untuk menarik pengguna baru. 

Platform milik Google ini mengandalkan koceknya yang dalam dan sejarah panjang bermitra dengan para kreator dalam upayanya untuk terus mengembangkan Shorts.

"Kami melihatnya sebagai upaya untuk memberikan para kreator alat yang mereka butuhkan untuk menjangkau pemirsa di mana pun mereka berada, dan pemirsa pasti menyukai format pendek, konten yang dapat diselingi, di samping semua format lain yang kami tawarkan," ujar Amjad Hanif, Wakil Presiden Produk YouTube, kepada CNN.

Bagi YouTube, yang telah lama menjadi kekuatan dominan dalam video online, mengembangkan Shorts sangat penting untuk tetap relevan dan mempertahankan bisnisnya dalam menghadapi popularitas TikTok, serta persaingan yang semakin meningkat dari Instagram, Snapchat, X, dan lainnya. 

Shorts masih memiliki ruang untuk berkembang. YouTube mengatakan  Shorts sekarang memiliki 70 miliar penayangan harian rata-rata, sedangkan Meta mengatakan tahun lalu bahwa video bentuk pendeknya, Reels, telah mencapai 200 miliar pemutaran harian rata-rata di Facebook dan Instagram.

Video berdurasi pendek memiliki potensi untuk menjadi sapi perah. Meta mengatakan bahwa Reels akan menghasilkan pendapatan iklan tahunan sebesar 10 miliar dolar AS. YouTube, yang meraih lebih dari 31 miliar dolar AS dalam total pendapatan iklan dari seluruh platform tahun lalu, menolak untuk membagikan angka penjualan spesifik untuk Shorts.

Untuk mendatangkan uang iklan, platform membutuhkan kreator untuk membuat konten guna menjual iklan. YouTube mengatakan bahwa Program Mitra yang telah berusia 16 tahun, yang digunakan untuk membayar para kreator, adalah unik karena menawarkan kepada para kreator sebagian dari pendapatan iklan yang diperolehnya.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Lindungi Anak Muda dari Sextortion

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 22.41

Salah satu fitur baru ini akan mendeteksi dan memburamkan gambar yang mengandung ketelanjangan.


Generic placeholder image

Tiru Instagram, TikTok Akan Luncurkan TikTok Notes

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 10.30

Fenomena peniruan merajalela di seluruh platform media sosial.


Generic placeholder image

Instagram Perkenalkan Fitur Baru, Salah Satunya Bisa Edit Pesan

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 06 2024, 16.28

Pengguna dapat mengedit pesan hingga 15 menit setelah dikirim.


Generic placeholder image

Gen Z Disebut Cenderung Impulsif Belanja Skincare

GAYA HIDUP

Jan 31 2024, 11.45

Gen Z banyak membeli skincare saat live shopping berlangsung.


Generic placeholder image

Meta Lindungi Remaja dari Pesan Langsung yang Tidak Diinginkan di IG dan FB

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 29 2024, 10.31

Meta membatasi orang dewasa di atas usia 19 tahun untuk mengirim pesan kepada remaja.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022