Ratusan Ribu Konten Kreator Mulai Terima Uang dari Youtube Shorts
TEKNOLOGI DIGITAL
Mar 29 2024, 21.52
Ratusan ribu kreator kini mendapatkan bayaran dari memposting video berdurasi pendek di platform Youtube. Youtube Short merupakan upaya merekabersaing dengan para kompetitor eperti TikTok dan Instagram.
Bayarannya tidak murah: platform milik Google ini membayar puluhan ribu dolar untuk beberapa kreator video pendek terbaiknya setiap bulannya.
YouTube mulai menawarkan para kreator untuk mendapatkan bagian dari pendapatan iklan untuk Shorts tahun lalu. Fitur peniru TikTok ini berusaha untuk menonjol dalam lanskap video online yang sangat kompetitif.
Kini, lebih dari seperempat dari 3 juta kreator dalam Program Mitra YouTube menghasilkan uang dari Shorts. YouTube mengatakan bahwa data baru ini menunjukkan kemampuannya untuk memberikan insentif kepada para kreator yang sudah ada untuk mencoba format baru dan untuk menarik pengguna baru.
Platform milik Google ini mengandalkan koceknya yang dalam dan sejarah panjang bermitra dengan para kreator dalam upayanya untuk terus mengembangkan Shorts.
"Kami melihatnya sebagai upaya untuk memberikan para kreator alat yang mereka butuhkan untuk menjangkau pemirsa di mana pun mereka berada, dan pemirsa pasti menyukai format pendek, konten yang dapat diselingi, di samping semua format lain yang kami tawarkan," ujar Amjad Hanif, Wakil Presiden Produk YouTube, kepada CNN.
Bagi YouTube, yang telah lama menjadi kekuatan dominan dalam video online, mengembangkan Shorts sangat penting untuk tetap relevan dan mempertahankan bisnisnya dalam menghadapi popularitas TikTok, serta persaingan yang semakin meningkat dari Instagram, Snapchat, X, dan lainnya.
Shorts masih memiliki ruang untuk berkembang. YouTube mengatakan Shorts sekarang memiliki 70 miliar penayangan harian rata-rata, sedangkan Meta mengatakan tahun lalu bahwa video bentuk pendeknya, Reels, telah mencapai 200 miliar pemutaran harian rata-rata di Facebook dan Instagram.
Video berdurasi pendek memiliki potensi untuk menjadi sapi perah. Meta mengatakan bahwa Reels akan menghasilkan pendapatan iklan tahunan sebesar 10 miliar dolar AS. YouTube, yang meraih lebih dari 31 miliar dolar AS dalam total pendapatan iklan dari seluruh platform tahun lalu, menolak untuk membagikan angka penjualan spesifik untuk Shorts.
Untuk mendatangkan uang iklan, platform membutuhkan kreator untuk membuat konten guna menjual iklan. YouTube mengatakan bahwa Program Mitra yang telah berusia 16 tahun, yang digunakan untuk membayar para kreator, adalah unik karena menawarkan kepada para kreator sebagian dari pendapatan iklan yang diperolehnya.