Enam Hal yang Harus Dilakukan jika Telanjur Membuka File APK

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 22 2024, 17.11

Penipu online di media sosial maupun aplikasi WhatsApp masih berseliweran.  Banyak cara yang dilakukan oleh para penipu online tersebut untuk mengambil keuntungan dari masyarakat, salah satunya dengan mengirim file APK (aplikasi). 

Untuk itu, para pengguna gawai jangan sekali-kali mengklik file APK tersebut, karena otomatis isi rekening akan langsung terkuras, dan data-data penting lainnya yang tersimpan di ponsel juga ikut bocor.

Lalu bagaimana jika terlanjur mengklik dan membuka file APK dari penipu tersebut? Berikut ini enam cara untuk mengatasinya, sebagaimana dilansir dari Instagram Pemprov Jatim.

1. Segera Matikan Mobile Data

Dengan mematikan mobile data atau data seluler, maka proses transfer data dari gawai pengguna ke penipu akan terhenti.

2. Memeriksa Aplikasi Mencurigakan

Jika terdapat aplikasi yang mencurigakan di dalam ponsel, sebaiknya para pengguna segera melakukan uninstall. Jika memungkinkan, pengguna dapat melakukan pemindaian antivirus, agar gawai bebas dari virus atau malware.

3. Hapus Aplikasi Mobile Banking/ M-Banking

Para pengguna disarankan untuk segera menghapus/ uninstall aplikasi M-Banking, untuk mencegah akses ilegal ke rekening bank pengguna oleh penipu.

4. Reset Ponsel

Disarankan juga untuk para pengguna segera melakukan reset pabrik pada ponsel yang dikirimi file APK oleh penipu. Dan pastikan untuk mem-backup data-data penting agar tidak kehilangan informasi yang sudah dikumpulkan.

5. Kontak Pihak Bank

Para pengguna harus segera mengontak, atau menghubungi pihak bank untuk mengatur kembali akses layanan M-Banking di telpon seluler.

6. Ganti PIN dan Password Perbankan

Pengguna harus secepatnya mengganti PIN dan password yang berhubungan dengan transaksi perbankan seluler, PIN kartu ATM, maupun kartu kredit, khususnya jika terdeteksi transaksi mencurigakan.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Meta akan Luncurkan Fitur Perlindungan untuk Cegah Pemerasan Seksual

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 17 2024, 14.51

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa penipu pemerasan seksual sering menggunakan pesan pribadi untuk membagikan, atau meminta gambar intim.


Generic placeholder image

Orang dengan Kepribadian Psikopat Cenderung Melakukan ‘Catfishing’

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 30 2024, 05.39

Catfishing sering terjadi di media sosial atau aplikasi dan situs web kencan sebagai taktik umum yang digunakan untuk menjalin hubungan online.


Generic placeholder image

Tips Terhindar dari Modus Penipuan Lewat Telepon

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 25 2023, 16.15

Penipu selalu memiliki cara untuk mengelabui dan salah satu cara mereka adalah dengan mengaku dari lembaga jasa keuangan.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022