Biaya Hidup Tinggi, Jumlah Lansia yang Bekerja Terus Meningkat

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Apr 15 2024, 11.30

Jumlah orang lanjut usia (lansia) yang masih bekerja di Amerika Serikat diprediksi akan meningkat dalam satu hingga dua dekade ke depan. Berdasarkan data Pew Research Center,  warga Amerika yang berusia di atas 75 tahun merupakan kelompok usia dengan pertumbuhan tercepat dalam angkatan kerja, lebih dari empat kali lipat sejak 1964.

Ada beberapa alasan mengapa orang Amerika bekerja di usia yang lebih tua. Orang-orang hidup lebih lama dan lebih mungkin untuk sehat hingga usia tua. Selain itu, sifat pekerjaan juga telah berubah. 

"Semakin banyak orang yang bekerja di belakang meja yang tidak membutuhkan banyak tenaga fisik. Hal ini berkontribusi pada kemampuan orang untuk bekerja lebih lama,"kata Gal Wettstein, seorang ekonom riset senior di Pusat Penelitian Pensiun di Boston College dilansir dari CNN.

Kata dia, Zoom dan ledakan pasca pandemi dalam pekerjaan jarak jauh juga memudahkan para lansia Amerika untuk tetap berada di dunia kerja.

Namun, meskipun orang berusia 65 tahun lebih cenderung melamar pekerjaan di belakang meja atau pekerjaan jarak jauh daripada pekerjaan yang membutuhkan pengangkatan berat, sekitar 50% pekerja yang lebih tua masih memiliki pekerjaan yang menuntut fisik.

Monique Morrissey, seorang ekonom senior yang berspesialisasi dalam jaminan pensiun di Economic Policy Institute mengungkapkan, bagi banyak orang, bekerja di usia senja berarti tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ini adalah kisah tentang dua masa pensiun," kata Morrissey . 

Sementara banyak lansia Amerika yang bekerja dengan baik di kemudian hari karena pilihan mereka sendiri, yang lainnya berjuang untuk menemukan tempat mereka di dunia kerja.

Selama bertahun-tahun, program pensiun berevolusi dari pensiun yang mendorong pekerja untuk pensiun pada usia 65 tahun. Sekitar setengah dari pekerja sektor swasta dilindungi program manfaat pasti pada pertengahan 1980-an, tetapi pada 2022 hanya 15% yang memilikinya.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Latihan Ini Dapat Mempertahankan Kekuatan Kaki Pada Pensiunan

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 10.02

Massa dan fungsi otot rangka menurun secara alami seiring bertambahnya usia, yang memengaruhi mobilitas dan otonomi.


Generic placeholder image

Bagi Lansia, Patah Pinggul Bisa Lebih Mematikan Dibanding Kanker

GAYA HIDUP

May 17 2024, 10.53

Para peneliti menemukan bahwa pasien memiliki risiko kematian tertinggi pada bulan awal setelah mereka mengalami patah tulang.


Generic placeholder image

Ilmuwan Ungkap Cara Agar Manusia Bisa Menua Lebih Sehat

GAYA HIDUP

May 03 2024, 10.45

Olahraga tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat bagi jantung, otot, dan kesehatan mental.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022