BUMN Mulai Pakai Mobil Listrik di Kawasan Industri

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 31 2024, 05.14

PT Krakatau Sarana Properti (KSP), cucu perusahaan BUMN PT Krakatau Steel bekerja sama dengan PT Krakatau Jasa Industri untuk pemakaian mobil listrik untuk operasional.

Langkah ini merupakan komitmen PT KSP dalam melakukan transformasi Eco Industrial Park (EIP), sebagai upaya peningkatan kinerja lingkungan, ekonomi dan sosial melalui kolaborasi mengelola isu lingkungan serta sumber daya alam.

"Kita berharap Kawasan Industri Krakatau  Cilegon bisa menjadi salah satu Kawasan Industri percontohan di Tanah Air yang sangat ramah lingkungan.Dengan hadirnya mobil listrik yang akan digunakan untuk kendaraan operasional PT.KSP, tentunya akan berdampak baik untuk lingkungan, seperti  membuat suhu lingkungan lebih hijau dan mengurangi emisi karbon,” kata Direktur Utama PT KSP IIp Arief Budiman dalam keterangan tertulis.

Iip menambahkan, pengoperasian mobil listrik ini juga sebagai komitmen dan tanggung jawab dari setiap lini usaha yang berada di bawah naungan Krakatau Steel Grou untuk terus menjaga kelestarian Kawasan Industri yang ramah lingkungan atau Green Industrial Estate.

Sebagai penunjang aktifitas kendaraan operasional di PT.KSP ada 4 unit kendaraan mobil listrik DFSK asal pabrikan otomotif Negeri China dengan 2 tipe yakni Gelora dan Seres. 

Hadirnya mobil listrik ini juga disambut secara antusias oleh Direktur Operasi PT. Krakatau Sarana Properti, Gersang Tarigan. Kata dia, PT.KSP juga menyiapkan fasilitas penunjangnya dan menurut Gersang Tarigan, mobil listrik ini juga sangat cocok dengan medan yang ada di Kawasan Industri Krakatau.

"Kami sudah menyiapkan SPKL (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik) yang lokasinya dekat Kawasan Industri Krakatau. Hadirnya mobil listrik selain irit dan ramah lingkungan juga cocok untuk mobilitas di Kawasan Industri Krakatau. Era transformasi memang terus berkembang kedepan sesuai dengan perkembangan jaman. Namun kami tentunya tetap akan mengevaluasi dalam 3 bulan kedepan, khususnya terhadap optimalisasi pemakaian mobil listrik ini di lingkup PT.KSP," ucap Gersang Tarigan.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mewajibkan seluruh perusahaan BUMN menggunakan mobil listrik. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada impor minyak mentah.

Kementerian BUMN juga menjadi kementerian pertama yang pejabat tingginya menggunakan mobil listrik. Adapun hal ini merupakan instruksi dari Presiden Jokowi agar semua pejabat tinggi di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menggunakan mobil listrik, baik mobil dinas maupun untuk mobil pribadi mereka.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Investor Asing Berdatangan, PT KSP Siapkan Tiga Klaster Baru

EKONOMI & BISNIS

Jul 29 2024, 14.47

Tiga klaster baru tersebut ditargetkan terjual semuanya dalam waktu tiga tahun.


Generic placeholder image

PT Krakatau Sarana Properti Mulai Kembangkan Bisnis di Luar Cilegon

EKONOMI & BISNIS

Jul 08 2024, 15.07

PT KSP optimistis pembukaan cabang baru resto The Surosowan di Jakarta bisa memberikan tambahan revenue.


Generic placeholder image

Kembangkan Teknologi Baterei EV, Cina Siapkan Investasi Rp13 Triliun

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 01 2024, 11.21

Baterai ini lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar atau meledak dibandingkan baterai konvensional.


Generic placeholder image

Meski Harga Mahal, Masa Depan Mobil Listrik Masih Menjanjikan

EKONOMI & BISNIS

Apr 10 2024, 17.12

Rata-rata mobil listrik dijual dengan harga hampir 5.000 dolar AS lebih mahal daripada harga rata-rata mobil bensin.


Generic placeholder image

Hyundai Akan Pangkas Biaya EV dan Upayakan Peralihan Kendaraan ke SDV

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 22 2024, 06.34

Saat ini sedang terjadinya persaingan harga, karena penyerapan mobil listrik lebih lambat dari perkiraan.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022