RI Siap Jadi Pemain Kunci Pasokan Kendaraan Listrik

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 03 2024, 14.04

Pemerintah Indonesia dan meresmikan pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat. Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan, peresmian ini menjadi langkah awal Indonesia menjadi pemain kunci dalam rantai pasokan global untuk kendaraan listrik dari hulu sampai hilir.

“Melalui pemanfaatan sumber daya alam kita yang kaya serta berinvestasi dalam teknologi mutakhir, Indonesia siap menjadi pemain kunci dalam rantai pasokan global untuk kendaraan listrik dengan ekosistem yang terintegrasi dan melibatkan para pemangku kepentingan internasional. Langkah strategis ini akan meningkatkan perekonomian kita dan juga menciptakan ribuan lapangan kerja, mendorong inovasi dan pengembangan keterampilan di antara tenaga kerja kita,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu (3/7/2024).

Peresmian pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat juga dihadiri Presiden Joko Widodo. Luhut melanjutkan peresmian ekosistem ini adalah sebuah visi yang menjadi kenyataan, sebagai bukti komitmen Indonesia terhadap inovasi, pengelolaan lingkungan, penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. 

“Hari ini menandai tonggak penting dalam perjalanan Indonesia menuju pembangunan berkelanjutan dan kemajuan teknologi dengan meresmikan ekosistem baterai litium dan kendaraan listrik di Indonesia,” tambah Luhut.

Indonesia memiliki target 600 ribu kapasitas produksi Battery Electric Vehicle (BEV) di tahun 2030, sehingga produksi Kona Electric 50 ribu unit per tahun ini akan menambah kapasitas produksi Indonesia secara signifikan. 

Produksi ini diperkirakan dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 160 ribu ton per tahun, mengurangi impor BBM 45 juta liter per tahun, serta penghematan subsidi BBM mencapai 131 miliar rupiah per tahun, dan akan bertambah seiring jumlah kendaraan yang beredar. 

Selain itu, dengan penggunaan baterai LG produksi dalam negeri pada Kona Electric, nilai TKDN KBLBB yang awalnya 40 persen bisa naik jauh lebih tinggi, mendekati 80 persen. Hal ini merupakan langkah awal untuk mendorong peningkatan nilai tambah dari industri dalam negeri. 

“Pembentukan ekosistem baterai litium dan industri kendaraan listrik ini tidak hanya menempatkan Indonesia sebagai pemimpin di kawasan ini, tetapi juga menggarisbawahi dedikasi kita untuk mengurangi emisi karbon, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas hidup warga negara kita,” pungkas Luhut.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Listrik Ditargetkan Selesai 3 Tahun

EKONOMI & BISNIS

Jun 28 2024, 16.49

Teknologi PSEL Legok Nangka ini ditargetkan dapat mengolah sampah sekitar 2.000 ton per hari.


Generic placeholder image

Terima Gelar Profesor Kehormatan, Luhut Kenang Kerja Keras Sang Ayah sebagai Sopir Bus

LAINNYA

Jun 13 2024, 19.01

Luhut dinilai berkontribusi atas hubungan erat Indonesia-Cina.


Generic placeholder image

Menko Marves Luhut Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

EKONOMI & BISNIS

May 19 2024, 08.49

Elon Musk tiba di Bali untuk menghadiri World Water Forum ke-10.


Generic placeholder image

World Water Forum Akan Hasilkan 120 Proyek Senilai Rp148 Triliun

EKONOMI & BISNIS

May 18 2024, 06.08

WWF 2024 akan dihadiri sebanyak 13.448 orang dari 148 negara.


Generic placeholder image

Pelajari Potensi Tsunami di Indonesia, OceanX Mulai Eksplorasi Misi Indonesia 2024

EKONOMI & BISNIS

May 15 2024, 13.06

Misi ini dimulai pada 8 Mei di Batam, Kepulauan Riau dan akan berlanjut hingga 25 Agustus 2024.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022