Vietnam Jadi Negara Paling Terjangkau Untuk Ekspatriat Tahun 2024

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 10 2024, 15.08

Pindah ke negara asing mungkin tampak seperti mimpi, tetapi tidak harus menguras kantong. Namun, saat memutuskan apakah akan pindah ke luar negeri untuk hidup atau bekerja, salah satu faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan adalah keuangan pribadi.

Dilansir dari laman CNBC Make It, untuk tahun keempat berturut-turut, Vietnam menjadi negara paling terjangkau di dunia bagi ekspatriat, menduduki peringkat pertama dari 53 tujuan dalam hal keuangan pribadi, menurut studi InterNations tahun 2024.

Untuk lebih jelasnya, dari 53 tempat, ia menduduki peringkat 40 untuk kualitas hidup, peringkat 29 untuk hal-hal penting bagi ekspatriat seperti kehidupan digital, perumahan, dan bahasa, serta peringkat 14 untuk bekerja di luar negeri, dengan pertimbangan seperti prospek karier, gaji, dan keamanan kerja yang ikut diperhitungkan.

Lebih dari 12.000 ekspatriat di 174 wilayah di seluruh dunia berpartisipasi dalam survei Expat Insider 2024 yang lebih luas yang memberikan wawasan termasuk tempat terbaik dan terburuk untuk tinggal, kualitas hidup, bekerja di luar negeri, dan keuangan pribadi.

Untuk Indeks Keuangan Pribadi, InterNations meminta responden survei untuk memberi peringkat tingkat kepuasan pribadi mereka dalam tiga area, yakni biaya hidup umum, kepuasan dengan situasi keuangan, dan apakah pendapatan rumah tangga yang dapat dibelanjakan cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman.

Data ini digunakan untuk menyusun laporan yang sebagian besar tidak mengalami perubahan sejak tahun lalu, kecuali pendatang baru dalam daftar tersebut.

Berikut adalah 10 destinasi teratas yang menurut ekspatriat paling baik untuk keuangan pribadi mereka:

  • Vietnam
  • Kolumbia
  • Indonesia
  • Panama
  • Filipina
  • India
  • Meksiko
  • Thailand
  • Brazil
  • Cina
Negara-negara Asia mendominasi daftar tahun ini, dengan menempati enam dari 10 posisi teratas. Asia Tenggara, khususnya, menonjol dengan Vietnam, Indonesia, Filipina, dan Thailand yang semuanya berada di peringkat 10 teratas.

“Perumahan merupakan nilai tambah yang besar di keempat negara: Thailand berada di peringkat 1, Vietnam di peringkat 2, Filipina di peringkat 5, dan Indonesia di peringkat 8. Sebagian besar ekspatriat setuju bahwa mencari perumahan itu mudah, dan mereka senang dengan harganya yang terjangkau,” kata Kathrin Chudoba, kepala pemasaran InterNations, kepada CNBC Make It.

Dari ekspatriat yang disurvei yang tinggal di Vietnam, 86% menilai biaya hidup di sana baik, data ini dua kali lipat lebih besar dari rata-rata global yang sebesar 40%, dan 65% responden di negara tersebut mengatakan mereka puas dengan situasi keuangan mereka dibandingkan dengan 54% secara global, menurut laporan tersebut.

Selain itu, 68% responden mengatakan pendapatan rumah tangga mereka yang dapat dibelanjakan lebih dari cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman, dibandingkan dengan 41% secara global, survei menunjukkan.

Tidak hanya biaya hidup yang rendah, ekspatriat cenderung dibayar lebih tinggi di Vietnam. “Hampir dua kali lipat rata-rata global melaporkan pendapatan kotor tahunan sebesar 150 ribu USD atau lebih (19% vs. 10% secara global),” menurut InterNations.

Selain itu, kepuasan kerja secara umum juga sangat tinggi di kalangan ekspatriat di negara tersebut. 

Kemudian, selain mengukur kepuasan ekspatriat terhadap keuangan pribadi mereka, studi InterNations Expat Insider juga mengumpulkan data tentang destinasi terbaik bagi ekspatriat secara global.

Daftar yang lebih luas ini menelusuri bagaimana perasaan ekspatriat dalam berbagai aspek kehidupan di luar negeri, berdasarkan 5 indeks: kebahagiaan umum, kualitas hidup, kemudahan menetap, bekerja di luar negeri, dan indeks “kebutuhan pokok ekspatriat”, yang didasarkan pada administrasi, perumahan, kehidupan digital, dan bahasa.

Dari 53 destinasi di seluruh dunia, empat negara Asia berhasil masuk dalam daftar 10 teratas keseluruhan tahun ini: Indonesia (peringkat ke-3 secara keseluruhan), Thailand (peringkat ke-6 secara keseluruhan), Vietnam (peringkat ke-8 secara keseluruhan) dan Filipina (peringkat ke-9 secara keseluruhan).

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Indonesia Masuk Tiga Besar Daftar Negara yang Paling Terjangkau untuk Ekspatriat

LAINNYA

Jul 08 2024, 10.39

Lebih dari 12.000 ekspatriat di 174 wilayah di seluruh dunia berpartisipasi dalam survei Expat Insider 2024.


Generic placeholder image

Lima Kota Terbaik di Eropa untuk Ekspatriat

GAYA HIDUP

Nov 28 2023, 10.02

Dua dari lima kota terbaik di Eropa untuk ekspatriat ada di Swiss.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022