Indonesia Masuk Tiga Besar Daftar Negara yang Paling Terjangkau untuk Ekspatriat

blog_10

LAINNYA

Jul 08 2024, 10.39

Ada banya hal yang harus dipersiapkan apabila ingin pindah ke luar negeri. Dana tentunya menjadi pertimbangan utama. Anda harus mencari negara yang terjangkau untuk bisa menjadi tempat tinggal baru.

Selama empat tahun beruntun, Vietnam menjadi negara yang paling terjangkau untuk ekspatriat. Survei tersebut dilakukan oleh InterNations 2024. Indonesia menempati posisi ketiga di dalam daftar tersebut, setelah Vietnam dan Kolombia.

Lebih dari 12.000 ekspatriat di 174 wilayah di seluruh dunia berpartisipasi dalam survei Expat Insider 2024 yang lebih luas yang memberikan wawasan termasuk tempat terbaik dan terburuk untuk tinggal, kualitas hidup, bekerja di luar negeri dan keuangan pribadi.

Untuk Indeks Keuangan Pribadi, InterNations meminta responden survei untuk memberi peringkat tingkat kepuasan pribadi mereka di tiga bidang: biaya hidup secara umum, kepuasan terhadap situasi keuangan, dan apakah pendapatan rumah tangga yang dapat dibelanjakan cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman.

Data ini digunakan untuk menyusun laporan yang sebagian besar tidak berubah dari tahun lalu, dengan pengecualian pendatang baru dalam daftar  yaitu Brasil (ke-9)  menggantikan Malaysia, yang turun dari peringkat ke-5 pada 2023 menjadi peringkat ke-11 tahun ini.

Berikut adalah 10 destinasi teratas yang menurut para ekspatriat adalah yang terbaik untuk keuangan pribadi mereka: Vietnam, Kolombia, Indonesia, Panama, Filipina, India, Meksiko, Thailand, Brasil dan Cina.

Negara-negara Asia mendominasi daftar tahun ini, dengan enam dari 10 posisi teratas. 

"Perumahan merupakan nilai tambah yang besar di keempat negara tersebut: Thailand berada di peringkat pertama, Vietnam di peringkat kedua, Filipina di peringkat kelima, dan Indonesia di peringkat ke delapan," kata Kathrin Chudoba, kepala pemasaran InterNations, kepada CNBC. 

Kata dia, sebagian besar ekspatriat setuju bahwa mencari tempat tinggal itu mudah dan mereka senang dengan harganya yang terjangkau.

Dari ekspatriat yang disurvei yang tinggal di Vietnam, 86% menilai biaya hidup di negara ini cukup baik di mana lebih dari dua kali lipat dari rata-rata global yang hanya 40%. Sementara itu, 65% responden di negara ini mengaku puas dengan kondisi keuangan mereka, dibandingkan dengan 54% secara global.

 

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Vietnam Jadi Negara Paling Terjangkau Untuk Ekspatriat Tahun 2024

EKONOMI & BISNIS

Jul 10 2024, 15.08

Menduduki peringkat pertama dari 53 tujuan dalam hal keuangan pribadi, menurut studi InterNations tahun 2024.


Generic placeholder image

Lima Kota Terbaik di Eropa untuk Ekspatriat

GAYA HIDUP

Nov 28 2023, 10.02

Dua dari lima kota terbaik di Eropa untuk ekspatriat ada di Swiss.


Copyright Katadata 2022