Transformasi Perpajakan: Core Tax System Tingkatkan Efisiensi dan Keadilan Bisnis

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 19 2024, 17.37

Seminar bertajuk "Shaping the Future of Indonesian Taxation: Exploring Forward-Thinking Strategies for 2024-2029" menghadirkan berbagai wawasan penting terkait dengan sistem perpajakan Indonesia ke depan. 

Dewan Pembina BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Ajib Hamdani menekankan perlunya pengembangan sistem yang lebih dapat memberikan panduan (guidance) dan pengawasan (oversight) yang efektif terhadap pajak, yang dikenal dengan nama Core Tax System (Coretax). 

Menurut Ajib, perlunya pengembangan sistem ini sebagai langkah yang krusial mengingat keterbatasan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bidang pajak yang tidak sebanding dengan jumlah WP.

“Keberadaan Coretax diharapkan dapat menciptakan lapangan bermain yang adil bagi pengusaha di Indonesia, baik yang beroperasi secara offline maupun online. Hal ini penting mengingat tantangan yang dihadapi oleh pengusaha offline yang sering kali merasa disaingi oleh pengusaha online yang kurang dikejar oleh kewajiban pajak,” kata Ajib, Minggu (14/7/2024).

Kemudian, Akademisi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Haula Rosdiana, juga mengkritisi manajemen proyek yang dianggap kurang efektif dan komitmen pemerintah dalam memperkuat sistem administrasi perpajakan. 

Menurutnya, integrasi data dan sistem yang lebih baik adalah kunci utama untuk mencapai peningkatan rasio pajak yang diinginkan. Dengan sistem yang terintegrasi dengan baik, proses perpajakan dapat menjadi lebih transparan, akurat, dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perpajakan. 

"Diperlukan tindakan nyata dan komitmen yang lebih kuat dari pemerintah untuk memastikan bahwa PSIAP dapat segera diimplementasikan tanpa adanya penundaan lebih lanjut," ujarnya.

Hadir juga pada acara Yeheskiel Minggus Tiranda selaku Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil DJP Jakarta Selatan II. Yeheskiel mengakui tantangan dalam implementasi Core Tax Administration System (CTAS), termasuk penyesuaian regulasi yang kompleks dan mitigasi risiko yang diperlukan. 

Kendati demikian, ia mengakui saat ini pihaknya juga sedang membangun pondasi yang kuat untuk kebijakan perpajakan yang lebih baik di masa depan. Dia juga menegaskan bahwa proses pengembangan CTAS tidak hanya tentang menciptakan aplikasi teknologi, tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial, ekonomi, dan administratif yang luas. 

"Kami sedang melakukan testing untuk memastikan CTAS dapat memenuhi harapan semua pihak terlibat setelah implementasinya," ujar dia.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Generic placeholder image

DQLab UMN Buka Sayembara Roasting AI, Raih Total Hadiah Rp 22,5 Juta

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 15 2024, 22.19

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, pemahaman dan penguasaan AI menjadi semakin penting bagi generasi muda untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022