PT PGN Salurkan Gas ke Hotel Nusantara di IKN

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 29 2024, 06.57

Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendukung penyediaan energi gas bumi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyalurkan gas ke Hotel Nusantara.Penyediaan energi dilakukan dengan uji coba penyaluran gas bumi pertama kepada pelanggan komersial yaitu Hotel Nusantara yang terletak di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Langkah itu merupakan wujud  komitmen PGN dalam mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan IKN, serta mendorong peningkatan efisiensi operasional Hotel Nusantara. PGN memberikan kombinasi pelayanan melalui moda beyond pipeline berupa Compressed Natural Gas (CNG) yang lebih fleksibel untuk mempercepat target pembangunan IKN.

Setelah tersalurkan, Hotel Nusantara kini dapat memanfaatkan gas bumi dari PGN sebagai sumber energi utama dalam aktivitas memasak. Dengan begitu, Hotel Nusantara dapat mengurangi penggunaan bahan bakar lain yang berdampak kurang baik bagi lingkungan.

Melalui keandalan infrastruktur terintegrasi, PGN memproyeksikan penyaluran gas bumi sebesar 13.800 meter kubik per bulan ke Hotel Nusantara. PGN pun memastikan agar proses penyaluran ke depannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

General Manager Sales and Operation Region III PGN, Hedi Hedianto, berharap penyaluran gas bumi ke Hotel Nusantara ini dapat mempermudah kegiatan operasional hotel dengan lebih efektif dan efisien.

“Tidak hanya memberikan dukungan terhadap perkembangan industri perhotelan di IKN, PGN juga senantiasa mendukung komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur dan penyediaan fasilitas terbaik di IKN," ujar Hedi dalam keterangan tertulis.

Project Manager Hotel Nusantara Herry Sukoco mengapresiasi dukungan yang diberikan PGN dalam penyediaan gas bumi di kawasan IKN. Ia mengatakan bahwa kegiatan operasional hotel seringkali membutuhkan gas, sehingga dukungan dari PGN merupakan solusi untuk pemenuhan energi tersebut.

“Kami di sini menggunakan material yang di-supply oleh Perusahaan Gas Negara, terutama untuk area dapur yang sebagian besar menggunakan gas. Penggunaan gas bumi ini mempermudah aktivitas, karena kami tidak lagi memiliki kendala terkait pasokan,” ujar Herry.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan Pertamina Group terus mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi untuk mendukung industri dalam negeri yang lebih ramah lingkungan.

"Gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang penting dan diandalkan dalam transisi menuju energi bersih sejalan dengan target NZE 2060," ujar Fadjar.

Hingga saat ini, PGN juga telah memberikan andil dalam pembangunan IKN dengan menyiapkan infrastruktur pipa sepanjang 10,7 kilometer (km) yang telah terpasang untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A dan pembangunannya masih terus berlanjut. Untuk tahap awal, infrastruktur pipa ini diproyeksikan dapat memenuhi kebutuhan gas bumi di sektor pelanggan rumah tangga sebanyak 9.996 Sambungan Rumah (SR).

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mengawal Cinderamata HUT ke-79 RI ke Ibu Kota Nusantara

LAINNYA

Aug 16 2024, 20.28

Untuk kali pertama, peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan secara bersamaan di Istana Negara di Jakarta dan Istana di Ibu Kota Nusantara.


Generic placeholder image

Ibu Kota Pindah ke IKN, Jakarta Bisa Jadi Ikon Kota Global

LAINNYA

Jul 22 2024, 07.55

Salah satu peluang Jakarta saat ini bisa dilihat dari sisi pariwisata.


Generic placeholder image

Nusantara Green Pesantren, Upaya Mewujudkan Visi IKN sebagai Kota Hutan

EKONOMI & BISNIS

Jan 18 2024, 07.25

Program ini akan menyeleraskan pengembangan pesantren dengan prinsip berkelanjutan.


Generic placeholder image

Jokowi: Pembangunan Kantor LPS Tingkatkan Kepercayaan Investor

EKONOMI & BISNIS

Jan 17 2024, 16.08

Pembangunan Gedung LPS dibagi menjadi tiga tahap dimana pada tahap pertama akan rampung pada akhir 2024.


Generic placeholder image

Rusun untuk ASN Segera Dibangun di IKN

EKONOMI & BISNIS

Sep 15 2023, 11.30

Rencananya 47 tower Rusun ASN dan Hankam akan tersebar di area Sub WP-1A KIPP-IKN.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022