Grab terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Sejak tahun 2020, UMKM yang bergabung dengan GrabMerchant telah menciptakan sekitar 2,3 juta lapangan kerja melalui digitalisasi di platform Grab. Selain itu, Grab juga telah menyalurkan lebih dari 1 triliun rupiah dalam bentuk pinjaman modal usaha melalui GrabModal Mantul dan OVO Modal Usaha, yang telah mendukung lebih dari 25.000 UMKM.
Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2024, Grab bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyelenggarakan acara bertajuk “Percaya UMKM Indonesia”. Acara ini menjadi platform untuk berkumpul dan berbagi kisah inspiratif bagi para Mitra Merchant Grab serta merayakan lima tahun kolaborasi sukses antara Grab dan Kemenkop UKM dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Kemitraan ini telah mendorong digitalisasi bisnis dan menciptakan peluang ekonomi yang signifikan.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Teten mengapresiasi Grab atas komitmennya yang kuat dalam mendukung UMKM.
"Kolaborasi dengan Grab telah membantu banyak UMKM beradaptasi dengan era digital, terutama selama pandemi. Saat itu menjadi momentum yang krusial bagi kita dalam mengakselerasi UMKM untuk go digital, mengingat kala itu banyak pelaku UMKM yang masih asing dengan platform online," ujar Teten Masduki melalui keterangan tertulis, Selasa (10/9/24).
Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, menyatakan bahwa sejak 2020, Grab dan Kemenkop UKM telah menjalin kemitraan strategis untuk mendukung digitalisasi dan peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia. Kemitraan ini telah menciptakan sekitar 2,3 juta lapangan kerja melalui UMKM di GrabMerchant dan menyalurkan lebih dari 1 triliun rupiah dalam bentuk pinjaman modal melalui GrabModal Mantul dan OVO Modal Usaha kepada lebih dari 25.000 UMKM.
"Berbagai program telah kita laksanakan bersama, yang berfokus pada edukasi dan literasi, membantu UMKM untuk dapat langsung berjualan di platform digital yang aman sehingga bisa menjangkau konsumen dengan lebih mudah, cepat, dan luas," kata Neneng.
Utami Ichda Ramadhanty, Director Rendang Restu Mande dan salah satu Mitra GrabFood, mengatakan bahwa pihaknya melakukan transformasi digital selama pandemi dengan mengaktifkan berbagai platform, terutama Grab yang kami anggap paling potensial. Langkah ini kemudian berhasil meningkatkan omzet sebesar 310%, dibandingkan tahun sebelum pandemi COVID-19.
Tak hanya usaha yang berkembang pesat, berkat digitalisasi, Rendang Restu Mande yang mendapat penghargaan UKM Terbaik Kuliner Jabar 2022 & UKM Pangan Award 2016-2017 juga berkesempatan menjangkau pasar yang lebih luas saat dipercaya Kemenkop UKM untuk mewakili Indonesia di ajang expo UMKM internasional pada 2021 lalu untuk memperkenalkan kekayaan cita rasa masakan Padang di panggung dunia.