Cara Menabung untuk Biaya Sekolah Anak

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 12 2023, 06.53

Tidak sedikit orang tua, yang tak peka akan kebutuhan sekolah anaknya. Sehingga, banyak dari mereka mengandalkan dana darurat, pinjaman kasbon perusahaan, dan lainnya tanpa ada perencanaan keuangan yang jelas.

Dilansir dari laman cekaja, sebelum biaya sekolah anak menjadi beban yang berat untuk finansial keluarga, maka Anda bisa mulai terapkan cara menabung untuk biaya sekolah berikut ini.

1. Ketahui Kondisi Finansial Sendiri

Cara menabung untuk biaya sekolah anak yang pertama adalah mengetahui kondisi finansial sendiri. Bagaimana pemasukan per bulannya, gaji yang diterima stabil atau tidak, sedang ada cicilan prioritas atau tidak, dan lainnya. 

Ketika sudah mengetahui bagaimana kondisi keuangan saat ini, Anda bisa lebih mudah membuat perencanaan hingga catatan alokasi anggaran keuangan setiap bulannya. 

Jika masih cukup, maka sisihkan beberapa persen untuk dialokasikan ke tabungan biaya sekolah anak. Jika anak masih kecil, tentu akan lebih baik menabung sedini mungkin, untuk persiapan. Karena akan ada banyak tingkat pendidikan anak, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. 

2. Buat Rekening Khusus

Apapun jenis tabungannya, akan lebih baik jika dibuat rekening khusus yang terpisah. Hal ini menjadi cara menabung untuk biaya sekolah yang lebih jelas dan niat. 

Bila perlu, ajarkan sang anak juga untuk menabung dan kenalkan dengan produk perbankan agar ia merasa punya tanggung jawab juga, serta belajar berusaha sejak dini. Sehingga, jika Anda sudah gajian, bisa langsung alokasikan anggaran tabungan untuk biaya sekolah anak ke rekening tersebut.  Pembuatan rekening khusus ini juga akan memudahkan kamu agar dana tabungan dan kebutuhan lainnya, tidak tercampur di satu rekening yang sama. 

3. Tentukan Perkiraan Jumlah Biaya Sekolah

Tidak perlu terburu-buru menabung untuk biaya sekolah anak, langsung sampai ke jenjang atas. Karena jika anak baru masuk sekolah SD, lebih baik prioritaskan kebutuhan pendidikannya yang saat ini dulu. Memang tidak ada salahnya memiliki perencanaan dana pendidikan sampai jenjang tertinggi, tapi Anda juga perlu memiliki target perkiraan jumlah biaya sekolah yang paling dekat dulu. 

Misalnya, jika anak masih usia 5 tahun dan baru mau masuk SD, maka Anda bisa targetkan perkiraan jumlah biaya sekolah sampai ia lulus SD. Sekiranya, dari masuk SD sampai lulus SD, Anda bisa targetkan tabungan sebesar Rp20 Juta (biaya masuk, spp bulanan, baju seragam, buku, wisata, dan lain-lain) dan harus terkumpul selama kurang lebih 2 tahun. 

Jadi, ketika anak sudah pas masuk SD di usia 7 tahun, tabungan untuk biaya sekolah sudah ada. Terlebih, jika anak masuk SD negeri, akan lebih rendah lagi biaya yang harus kamu keluarkan.

4. Tentukan Sumber Dana Tabungan

Cara menabung untuk biaya sekolah anak yang selanjutnya adalah menentukan sumber dana tabungan. Karena harus konsisten menabung, maka Anda bisa tentukan dari sekarang, dari mana saja sumber dana untuk dialokasikan ke tabungan. 

Misalnya jika kerja kantoran, sumber dana tabungan bisa dari gaji per bulan. Atau jika  Anda punya bisnis rumahan, pekerjaan sampingan, dan lainnya yang dirasa stabil, juga bisa dijadikan sebagai sumber dana tabungan untuk biaya sekolah.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menggali Potensi Anak Muda melalui Bernalar Berdaya di SMAN 85 Jakarta

LAINNYA

Aug 23 2024, 15.40

Melalui acara seperti ini, MudaBerdaya berharap dapat terus menjadi jembatan bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis, percaya diri, dan berdaya.


Generic placeholder image

Kolaborasi Dua Generasi Iwan Fals dan Nadin Amizah Pukau Ribuan Penonton di Solo

LAINNYA

Aug 18 2024, 23.49

Duet ini menjadi momen yang sempurna karena meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.


Generic placeholder image

Padukan Budaya dan Kuliner, Festival Dua Generasi di Mangkunegaran Resmi Dibuka

LAINNYA

Aug 17 2024, 18.28

Acara ini lebih dari sekadar festival, tetapi juga sebagai perwujudan dari semangat kolaborasi yang mendalam.


Generic placeholder image

Malam Penuh Nostalgia dalam Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ Makassar

LAINNYA

Aug 11 2024, 07.26

Lebih dari 20.000 penggemar setia memadati area konser, menciptakan suasana penuh memori dan membawa penonton kembali ke hari-hari di mana mereka tumbuh bersama lagu-lagu favorit Sheila On 7.


Generic placeholder image

Antusiasme Bubuhan Samarinda Buka Tur Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’

LAINNYA

Jul 27 2024, 23.13

Konser dimulai dengan laku pembuka Pejantan Tangguh yang langsung menghentak para penonton di malam minggu yang syahdu.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022