Emisi Karbon 1 Persen Orang Terkaya di Dunia Sama dengan 5 Miliar Orang di Dunia

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Nov 20 2023, 20.28

Organisasi nirlaba Oxfam International melaporkan, satu persen orang terkaya di dunia bertanggung jawab atas jumlah emisi karbon yang sama dengan dua pertiga orang termiskin di dunia atau lima miliar orang.

Salah satu penulis laporan tersebut, Max Lawson mengungkapkan, meskipun memerangi krisis iklim adalah tantangan bersama, tidak semua orang memiliki tanggung jawab yang sama dan kebijakan-kebijakan pemerintah harus disesuaikan dengan itu.

"Semakin kaya Anda, semakin mudah untuk mengurangi emisi pribadi dan investasi Anda. Anda tidak memerlukan mobil ketiga, atau liburan keempat, atau tidak perlu berinvestasi di industri semen,” kata Max dilansir dari AFP.

"Kesetaraan Iklim: A Planet for the 99%", didasarkan pada penelitian yang disusun oleh Stockholm Environment Institute (SEI) dan meneliti emisi konsumsi yang terkait dengan berbagai kelompok pendapatan hingga 2019.

Laporan ini diterbitkan ketika para pemimpin dunia bersiap untuk bertemu dalam pertemuan iklim di KTT COP28 di Dubai akhir bulan ini. Kekhawatiran semakin meningkat bahwa membatasi pemanasan jangka panjang hingga 1,5 derajat Celcius akan menjadi hal yang mustahil untuk dicapai.

Di antara temuan-temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa satu persen orang terkaya di dunia yang jumlahnya 77 juta orang bertanggung jawab atas 16 persen emisi global yang terkait dengan konsumsi mereka. Jumlah tersebut sama dengan 66 persen populasi global terbawah berdasarkan pendapatan atau 5,11 miliar orang.

Ambang batas pendapatan untuk masuk ke kelompok satu persen teratas global disesuaikan berdasarkan negara dengan menggunakan paritas daya beli. Contohnya, di Amerika Serikat ambang batasnya adalah USD140.000, sedangkan di Kenya setara dengan USD40.000.

Analisis di dalam negeri juga memberikan gambaran yang sangat mencolok. Sebagai contoh, di Prancis, satu persen orang terkaya mengeluarkan karbon sebanyak 50 persen orang termiskin dalam satu tahun. Bernard Arnault, miliarder pendiri Louis Vuitton dan orang terkaya di Prancis, memiliki jejak karbon 1.270 kali lebih besar dari rata-rata orang Prancis.

Pesan kuncinya, menurut Max Lawson, adalah kebijakan harus progresif.

"Kami pikir jika pemerintah tidak memberlakukan kebijakan iklim yang progresif, di mana Anda melihat orang-orang yang paling banyak menghasilkan emisi diminta untuk melakukan pengorbanan terbesar, maka kita tidak akan pernah mendapatkan politik yang baik dalam hal ini," ujar  Max.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Generic placeholder image

Kurangi Emisi, Tiga Negara Peserta Piala Eropa 2024 Tolak Pakai Pesawat

LAINNYA

Jun 04 2024, 06.01

Bagian terbesar dari emisi turnamen yaitu 80 persen, berasal dari transportasi.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022