Kurangi Emisi, Tiga Negara Peserta Piala Eropa 2024 Tolak Pakai Pesawat

blog_10

LAINNYA

Jun 04 2024, 06.01

Turnamen sepak bola Piala Eropa 2024 yang digelar di Jerman, Juni nanti akan menghasilkan emisi karbon yang besar khususnya dari sektor transportasi udara. Karena itu, UEFA (Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa) dan tuan rumah Jerman telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan perjalanan dengan kereta api bagi fans dan juga tim peserta.

Dilansir dari laman Euronews, saat ini, sudah ada tiga negara yang menolak penggunaan transportasi udara selama turnamen berlangsung. Ketiga negara tersebut yaitu tuan rumah Jerman, Italia dan Swiss.

Tim nasional Jerman sudah berjanji untuk tidak terbang selama babak penyisihan grup yang akan mengurangi potensi emisi karbon hingga 98 persen, Namun, tuan rumah belum memastikan apakah tetap tidak akan menggunakan pesawat terbang di babak berikutnya. 

Swiss setuju untuk melakukan perjalanan dengan bus ke basecamp mereka di Stuttgart, sekitar empat jam perjalanan dari tempat latihan mereka.

Portugal juga akan melakukan perjalanan darat untuk dua dari tiga pertandingan selama fase grup. Portugal juga akan mulai melaporkan emisi perjalanan selama turnamen ini, agar dapat menetapkan target pengurangan untuk turnamen berikutnya seperti Piala Dunia.

Panitia pertandingan mengungkapkan, bagian terbesar dari emisi turnamen yaitu 80 persen, berasal dari transportasi. Pertandingan penyisihan grup telah dikelompokkan secara geografis berdekatan satu sama lain untuk mengurangi waktu tempuh dan emisi terkait.

Sementara itu, setiap pemegang tiket pertandingan akan mendapatkan kartu perjalanan selama 36 jam untuk digunakan di transportasi umum di dalam dan sekitar sepuluh kota tuan rumah. Jerman juga menawarkan potongan harga kepada para penggemar untuk melakukan perjalanan di seluruh negeri.

T&E dan kelompok-kelompok iklim lainnya di seluruh Eropa mendesak para peserta Piala Eropa 2024 untuk berkomitmen melakukan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Piala Eropa 2024 Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jerman 0,1 Persen

EKONOMI & BISNIS

Jul 15 2024, 10.18

Pemasukan dari Piala Eropa 2024 diprediksi mencapai Rp17,5 triliun.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Generic placeholder image

Emisi Karbon 1 Persen Orang Terkaya di Dunia Sama dengan 5 Miliar Orang di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Nov 20 2023, 20.28

Pendiri Louis Vuitton dan orang terkaya di Prancis, memiliki jejak karbon 1.270 kali lebih besar dari rata-rata orang Prancis.


Copyright Katadata 2022