10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Dapat Promosi di Tempat Kerja

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Dec 14 2023, 13.19

Mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja merupakan satu hal yang paling membahagiakan bagi setiap karyawan perusahaan. Karena promosi itulah, keterampilan dan kemampuan seorang karyawan dalam bekerja benar-benar diakui.

Dilansir dari Reader Digest, berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja.

1. Evaluasi Kinerja Diri Sendiri
Mengevaluasi kinerja diri sendiri adalah melakukan penilaian secara jujur terhadap kemampuan dan pengalaman kerja diri sendiri.

Mengevaluasi diri sendiri lebih penting bila dibandingkan dengan persyaratan promosi jabatan yang ditentukan. Jika seorang karyawan tidak memenuhi syarat untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi, ada baiknya untuk meluangkan waktu sejenak guna mempertimbangkan cara untuk memperbaiki kinerja diri sendiri.

2. Membina Hubungan Baik dengan Orang-orang di Tempat Kerja
Meskipun keterampilan dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan kriteria promosi jabatan yang ditetapkan, mendapatkan promosi untuk memegang jabatan yang lebih tinggi terkadang juga membutuhkan kepercayaan diri dari mereka yang memiliki wewenang untuk mempromosikan seorang karyawan. 

Untuk itu, membina hubungan baik secara positif dengan orang-orang di tempat kerja merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja. Karena seorang karyawan tak akan pernah tahu, hubungan baik dengan rekan kerja yang mana, yang berpengaruh bisa membawa ke jabatan yang lebih tinggi.

3. Menjalin Komunikasi yang Jujur dengan Atasan
Cara berikutnya yang disarankan untuk dilakukan agar bisa mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja adalah, dengan menjalin hubungan baik, serta komunikasi yang jujur dengan atasan.

Komunikasi yang jujur di sini maksudnya adalah membicarakan tentang tujuan untuk mendapatkan jabatan baru tersebut. Di samping itu, diperlukan juga keberanian untuk bertanya, apa saja kriteria atau persyaratan untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut.

4. Menjadi Pendengar yang Baik
Jika seorang karyawan cukup berani untuk menjalin komunikasi yang jujur dengan atasan, hal itu merupakan langkah yang benar-benar tepat. 

Cara berikutnya adalah dengan menjadi pendengar baik, yakni mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan dan dijelaskan oleh atasan, bukan hanya tentang bagaimana cara mendapatkan promosi jabatan itu, tapi juga tentang kesiapan untuk menerima jabatan baru itu nantinya.

5. Mempersiapkan Diri dengan Risiko yang Akan Terjadi 
Jika saat berkomunikasi dengan atasan jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan harapan, atau dengan kata lain belum saatnya karyawan tersebut naik ke jabatan baru, maka sebaiknya karyawan tersebut menanyakan kembali, atau meminta saran kepada atasan, kekurangan yang mana, yang harus diperbaiki, dan keterampilan di bidang apa yang perlu dipelajari lagi.

Dengan begitu, berarti karyawan tersebut telah mempersiapkan diri dengan segala risiko yang akan terjadi.

6. Terus Berusaha
Jika sudah mencoba beberapa kali untuk naik ke level berikutnya dan belum berhasil, ada baiknya untuk terus berusaha dengan meminta mengikuti pelatihan atau training, guna menambah keterampilan dan pengetahuan agar sesuai dengan persyaratan promosi jabatan.

7. Pertimbangkan Setiap Kendala yang Mungkin Muncul
Kenyataannya adalah bahwa meskipun seorang karyawan itu layak mendapatkan promosi jabatan, terkadang promosi tersebut berlalu begitu saja karena alasan yang tidak dapat dipahami, dan karyawan itu harus siap sedia, serta mempertimbangkan lagi setiap kendala yang mungkin muncul tiba-tiba.

8. Setiap Orang adalah Bos bagi Diri Mereka Sendiri
Setiap orang adalah bos bagi diri mereka sendiri, yang ini artinya adalah setiap orang memiliki kekuatan untuk membuat keputusan tentang karir mereka, dan meminta kesempatan yang menurut mereka dapat membawa ke posisi atau jabatan yang lebih baik.

9. Meminta Pekerjaan Tambahan 
Hal ini sejalan dengan mengejar pemenuhan target, yaitu dengan meminta tambahan pekerjaan, terutama saat rekan merasa tak mampu mengerjakan pekerjaan tersebut, maka hal itu bisa membuka pintu keberuntungan bagi karyawan lain.

Untuk satu hal, meminta pekerjaan tambahan dapat membuat atasan terkesan. Selain itu, pekerjaan tambahan ini mungkin juga akan memberikan pengalaman, serta pelajaran baru untuk mempertajam keterampilan bekerja.

10. Selesaikan Tugas dengan Baik
Jika beberapa saran di atas tampak seperti ide yang bagus secara teori, namun tidak masuk akal, maka pertimbangkan untuk mencari pengembangan profesional di luar tempat kerja, yaitu dengan mengikuti kursus pendidikan berkelanjutan atau mengembangkan keahlian. 

Jika tidak ada kesempatan di tempat kerja untuk mengepalai komite, maka lakukanlah di dalam satu komunitas. Karena cara ini dianggap mampu mengantarkan seorang karyawan kepada promosi jabatan yang ditunggu-tunggu.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022