Dallas Mavericks Dijual, Mark Cuban Untung Rp45 Triliun

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Dec 28 2023, 14.49

Beli rendah, jual tinggi. Mark Cuban baru saja membuktikan dirinya sebagai master dari mantra investasi yang sudah teruji tersebut. Cuban telah menerima persetujuan dari Dewan Gubernur NBA untuk menjual saham mayoritas di Dallas Mavericks.

Cuban membeli Mavericks seharga 285 juta dolar AS pada tahun 2000 dan kini menjual tim tersebut dengan harga sekitar 3,5 miliar dolar AS. Itu berarti lebih dari 3 miliardolar AS atau lebih dari Rp45 triliun dari harga pembelian.

Cuban dilaporkan akan mempertahankan 27% saham tim dan mungkin akan tetap memegang kendali atas operasi bola basket. Daftar pemain Mavericks saat ini, yang dipimpin oleh point guard terbaik dunia Luka Doncic dan superstar Kyrie Irving, adalah yang terkuat yang pernah dimiliki oleh tim ini sejak mereka memenangkan gelar juara NBA di masa, Dirk Nowitzki, pada 2010-2011.

Pembeli saham Mark Cuban adalah Las Vegas Sands Corp, yang dimiliki oleh keluarga Adelson dan Dumont. Miriam Adelson, janda dari raja kasino Sheldon Adelson, mengumumkan bulan lalu bahwa ia akan menjual sahamnya senilai 2 miliar dolar AS untuk membeli sebuah tim olahraga yang secara luas digadang-gadang sebagai Mavericks. Hal itu kini telah dikonfirmasi. Menantunya, Patrick Dumont, adalah COO Sands Corp. dan akan menduduki kursi Dewan Gubernur Mavericks.

Bagi Cuban, ini merupakan penjualan aset blockbuster keduanya. Pada 1999, dia menjual Broadcast.com ke Yahoo seharga 5,7 miliar dolar AS. Cuban membuat kesepakatan tersebut pada puncak gelembung dot-com. 

Pada saat itu, Broadcast.com memiliki sekitar 570.000 pengguna, sehingga harga pembeliannya adalah 10.000 dolar AS per pengguna. Cuban menjual sebagian besar saham Yahoo-nya pada tahun yang sama, menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar AS. Yahoo! menutup sebagian besar divisi layanan penyiarannya pada 2002 dan menghentikan Broadcast.com.

Hanya beberapa bulan setelah kesepakatan Broadcast.com, Cuban menggunakan sebagian uang Yahoo-nya untuk membeli Mavericks seharga 285 juta dolar AS.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ketika Mimpi LeBron James Menjadi Kenyataan

LAINNYA

Jun 28 2024, 07.15

LeBron dan Bronny akan mencetak sejarah sebagai pasangan ayah-anak pertama yang tampil bersamaan di NBA.


Generic placeholder image

Duel Pemain NBA vs WNBA Dimenangkan Stephen Curry

LAINNYA

Feb 18 2024, 19.21

Untuk kali pertama, NBA All Stars menghadirkan pertandingan antara pemain NBA melawan pemain dari WNBA.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022