Pendapatan Iklan Youtube Tembus Rp140 Triliun

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 31 2024, 06.46

Pendapatan iklan Youtube terus meningkat dan berhasil menembus angka 9,2 miliar dolar AS atau lebih dari Rp140  triliun pada kuartal keempat 2023. Platform video ini telah kembali ke mode pertumbuhan setelah sempat menurun pada tahun sebelumnya.

CEO Alphabet Sundar Pichai mengungkapkan, Youtube sudah mendapatkan keuntungan dari investasi dan inovasi kecerdasan buatan yang dilakukan oleh Alphabet. Alphabet adalah perusahaan induk Youtube.

Pichai menjelaskan, langganan YouTube dan Google, termasuk YouTube Premium, YouTube Music, NFL Sunday Ticket, dan YouTube TV, sekarang menjadi bisnis senilai 15 miliar dolar AS per tahun.

YouTube, di bawah CEO Neal Mohan, telah menjadikan AI generatif sebagai prioritas utama perusahaan, meluncurkan alat AI untuk digunakan oleh para kreator dan pengiklan. Selain itu, Youtube juga memperkenalkan aturan platform untuk menindak konten yang tidak pantas seperti deepfakes.

"Saya akan mengulangi apa yang telah saya katakan sebelumnya, kesuksesan YouTube berawal dari kesuksesan kreator. Kami memberikan jutaan kreator lebih banyak cara untuk membuat konten dan terhubung dengan para penggemar serta lebih banyak cara untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis mereka sendiri daripada platform lainnya,” ujar kepala bisnis Google, Philipp Schindler dilansir dari The Hollywood Reporter.

“Lebih banyak kreator berarti lebih banyak konten, yang akan menghasilkan lebih banyak penonton melalui iklan dan langganan. Para penonton ini mendanai para kreator kami dan mendorong perhatian serta keterlibatan yang diinginkan oleh para pengiklan untuk menjaga momentum ini tetap berjalan,” lanjut Schindler.

YouTube juga menjalin kerja sama dengan NFL dann menjadi rumah baru bagi layanan streaming NFL Sunday Ticket. Schindler mengatakan, Sunday Ticket mendatangkan lebih dari 90 pengiklan baru di musim pertamanya.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

“Roar”, Video Klip Katy Perry Tembus 4 Miliar Views di Youtube

LAINNYA

May 11 2024, 15.38

Katy Perry menjadi musisi perempuan pertama dengan jumlah views terbanyak untuk satu video klip.


Generic placeholder image

Selama Ramadhan, Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Naik Lebih dari 40%

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 25 2024, 19.42

Responden cenderung memilih media sosial dan platform streaming video YouTube karena aksesibilitasnya dan ragam konten yang relevan dengan mereka.


Generic placeholder image

Semua Konten yang Menggunakan AI di Youtube Wajib Diberi Keterangan

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 18 2024, 21.58

Pengungkapan ini dimaksudkan untuk membantu mencegah pengguna agar tidak dibingungkan oleh konten sintetis.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022