Semua Konten yang Menggunakan AI di Youtube Wajib Diberi Keterangan

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 18 2024, 21.58

Youtube meminta semua konten kreator memberi keterangan ketika video yang terlihat realistis dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan. Ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas dari perusahaan untuk bersikap transparan mengenai konten yang dapat membingungkan atau menyesatkan pengguna.

Saat pengguna mengunggah video ke situs, mereka akan melihat daftar periksa yang menanyakan apakah konten mereka membuat orang sungguhan mengatakan atau melakukan sesuatu yang tidak mereka lakukan, mengubah cuplikan tempat atau peristiwa nyata, atau menggambarkan adegan yang tampak realistis yang sebenarnya tidak terjadi.

Pengungkapan ini dimaksudkan untuk membantu mencegah pengguna agar tidak dibingungkan oleh konten sintetis di tengah menjamurnya alat AI generatif baru yang ditujukan untuk konsumen yang membuatnya cepat dan mudah untuk membuat teks, gambar, video, dan audio yang menarik, yang sering kali sulit untuk dibedakan dengan yang asli. 

Para pakar keamanan online telah memperingatkan bahwa proliferasi konten yang dihasilkan oleh AI dapat membingungkan dan menyesatkan pengguna di internet, terutama menjelang pemilihan umum di Amerika Serikat dan tempat lain pada  2024.

Dikutip dari CNN, para kreator YouTube akan diminta untuk mengidentifikasi ketika video mereka mengandung konten yang dibuat oleh AI atau dimanipulasi yang terlihat realistis. Dengan demikian, YouTube dapat melampirkan keterangan untuk pemirsa dan dapat menghadapi konsekuensi jika mereka berulang kali gagal menambahkan pengungkapan tersebut.

Ketika kreator YouTube melaporkan bahwa video mereka mengandung konten yang dihasilkan oleh AI, YouTube akan menambahkan label pada deskripsi yang menyatakan bahwa video tersebut mengandung konten yang diubah atau sintetis serta suara atau visualnya diedit secara signifikan atau dibuat secara digital. Untuk video dengan topik sensitif seperti politik, label tersebut akan ditambahkan dengan lebih mencolok di layar video.

YouTube hanya akan meminta kreator untuk memberi keterangan pada konten yang dibuat dengan AI yang realistis, yang dapat membingungkan pemirsa karena mengira konten tersebut nyata.

Platform ini mengatakan bahwa mereka juga tidak akan mewajibkan kreator untuk mengungkapkan jika AI generatif digunakan untuk produktivitas, seperti membuat skrip, ide konten, atau teks otomatis.

Kreator yang secara konsisten gagal menggunakan keterangan baru pada konten sintetis yang seharusnya diungkapkan dapat menghadapi hukuman seperti penghapusan konten atau penangguhan dari Program Mitra YouTube, tempat kreator dapat memonetisasi konten mereka.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

AI Bisa Kurangi 47 Juta Ton Emisi Per Tahun di Industri Pelayaran

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 18 2024, 17.49

Pelayaran menyumbang hampir 3 persen terhadap emisi karbon dioksida dunia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022