Project Titan Dihentikan, Apple Batal Produksi Mobil Listrik

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 29 2024, 16.42

Apple menghentikan proyek pembuatan mobil listrik meski telah menjalankan Project Titan selama satu dekade. Project Titan adalah proyek pembuatan mobil listrik Apple yang dianggap  transformatif bagi industri otomotif.

Bloomberg menulis, karyawan yang tadinya bekerja di Project Titan akan dipindahkan ke divisi kecerdasan buatan Apple. Berita ini muncul ketika penjualan kendaraan listrik (EV) mengecewakan. Ini mendorong beberapa produsen mobil besar untuk menarik kembali investasi dan memangkas harga. 

AI, di sisi lain, sedang mengalami momen dan pergeseran sumber daya yang dapat membantu Apple menutup kesenjangan dengan saingannya seperti Microsoft dan Google, yang telah membuat teknologi terobosan di sektor AI.

"Raksasa teknologi ini mengikuti tren, dengan antusiasme investor terhadap investasi kendaraan listrik yang memudar, di tengah hiruk-pikuknya semua hal tentang AI," kata Susannah Streeter, kepala uang dan pasar di platform investasi yang berbasis di Inggris, Hargreaves Lansdown.

"Sangat penting bagi Apple untuk tetap selangkah lebih maju dalam mengembangkan teknologi yang didambakan orang-orang, untuk membenarkan harga produknya yang tinggi, jadi mengeksplorasi sepenuhnya peluang yang dihadirkan AI untuk jajaran produknya di masa depan sangat penting," kata Streeter.

Apple tidak pernah mengonfirmasi spekulasi yang sudah berlangsung lama bahwa mereka akan membuat mobil listrik. Namun, mereka telah mengambil beberapa langkah selama 10 tahun terakhir yang menunjukkan keseriusan dalam upaya tersebut.

Apple telah mempekerjakan eksekutif otomotif setidaknya sejak 2014 dan, pada April 2017, Apple menerima izin dari Departemen Kendaraan Bermotor California untuk menguji kendaraan swakemudi. 

Dua tahun kemudian, Apple mengakuisisi Drive.ai, sebuah perusahaan rintisan mobil swakemudi. Pada 2021, Apple mempekerjakan seorang veteran BMW yang telah mengarahkan upaya mobil listrik produsen mobil Jerman tersebut.

Apple juga mendapatkan beberapa paten terkait mobil, termasuk satu paten untuk sistem realitas virtual untuk mengatasi mabuk perjalanan, dan satu lagi untuk menyesuaikan warna pada jendela secara real time.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Generic placeholder image

Kembangkan Teknologi Baterei EV, Cina Siapkan Investasi Rp13 Triliun

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 01 2024, 11.21

Baterai ini lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar atau meledak dibandingkan baterai konvensional.


Generic placeholder image

BUMN Mulai Pakai Mobil Listrik di Kawasan Industri

EKONOMI & BISNIS

May 31 2024, 05.14

Menteri BUMN Erick Thohir mewajibkan seluruh perusahaan BUMN menggunakan mobil listrik.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022