Dampak Ekonomi Konser Taylor Swift, Jepang dan Singapura Raup Rp3,5 T hingga Rp7,5 T

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Mar 02 2024, 21.43

Musisi Taylor Swift menggelar enam konser di Singapura. Ekonom Maybank Erica Tay mengungkapkan, konser Taylor Swift yang diberi judul The Eras Tour itu akan menghasilkan pendapatan sektor pariwisata Singapura sekitar 300-500 juta dolar AS (sekitar Rp4,5-7,5 triliun).

Sebelum di Singapura, Swift menggelar empat konser di Tokyo, Jepang dengan dampak ekonomi sekitar 226 juta dolar AS atau sekitar Rp3,5 triliun. Swift hanya mengggelar konser di dua negara Asia yaitu Jepang dan Singapura.

"Konser-konser itu hanya sekali. Dampak langsungnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan nilai strategis yang dapat diberikan oleh konser Taylor Swift,” kata Erica dilansir dari Strait Times.

Salah satu dampak konser Taylor Swift adalah meningkatnya reputasi Singapura sebagai pusat terkemuka di Asia untuk acara-acara kelas dunia. Artis-artis papan atas lainnya lebih cenderung membawa tur mereka ke Singapura karena mereka bisa menjangkau penonton Asia lainnya.

Untuk negara kecil seperti Singapura, menyelenggarakan acara-acara penting seperti konser musik adalah langkah strategis. Hal ini menarik pengunjung dari luar negeri yang berkontribusi terhadap perekonomian melalui pengeluaran untuk akomodasi, kuliner, transportasi, dan hiburan.

Hotel dan maskapai penerbangan telah melaporkan peningkatan permintaan penerbangan dan akomodasi sebesar 30 persen, di sekitar tanggal konser Taylor Swift.

Lonjakan pariwisata juga menciptakan peluang kerja di sektor lain, seperti manajemen acara. Mulai dari pameran, acara pop-up dan acara bernyanyi bersama, terdapat pilihan pekerjaan yang fleksibel dalam koordinasi acara, logistik, katering, keamanan, dan layanan pelanggan.

Efek riak ekonomi ini meluas bahkan ke vendor skala kecil, yang dapat memanfaatkan platform digital seperti TikTok untuk memamerkan barang dagangan mereka kepada khalayak yang lebih luas selama acara tersebut. Para wirausahawan sering kali menjual kaus, poster, aksesori, atau memorabilia khusus yang berkaitan dengan artis yang ditampilkan.

Menggelar konser Taylor Swift bisa dimanfaatkan Singapura untuk meningkatkan daya tariknya serta memperkuat reputasi sebagai pusat hiburan dunia. Selain itu, Singapura juga memamerkan kepada dunia kemampuan mereka untuk menjadi tuan rumah pertunjukan kelas dunia.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Taylor Swift Rilis Double Album dengan 15 Lagu Tambahan

LAINNYA

Apr 19 2024, 17.38

Swift mengungkapkan, album ini merupakan refleksi dari sebuah momen yang cepat berlalu sekaligus menyedihkan.


Generic placeholder image

Taylor Swift Tolak Tawaran Rp144 Miliar untuk Gelar Konser Pribadi

LAINNYA

Apr 13 2024, 11.35

Konser pribadi itu akan digelar di Uni Emirates Arab pada Desember 2024.


Generic placeholder image

Taylor Swift: The Eras Tour Cetak Rekor di Disney+

LAINNYA

Mar 21 2024, 09.52

Ada sejumlah lagu baru dari film konser The Eras Tour yang tayang di Disney+


Generic placeholder image

Efek Swiftonomics, Perekonomian Singapura Naik 0,2 Persen

EKONOMI & BISNIS

Mar 12 2024, 12.42

Produk Domestik Bruto Singapura juga melesat menjadi 2,9 persen.


Generic placeholder image

Gelar Konser Musisi Dunia, Indonesia Ajak Singapura untuk Kolaborasi

EKONOMI & BISNIS

Mar 12 2024, 12.27

Singapura sukses menggelar konser musisi Taylor Swift.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 28 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022