Kebanyakan Orang dengan Penyakit Jantung Mengonsumsi Natrium dalam Jumlah Berlebihan

blog_10

GAYA HIDUP

Apr 18 2024, 11.35

Banyak orang mengonsumsi natrium lebih dari jumlah harian yang direkomendasikan, terutama mereka yang sangat perlu mengurangi asupannya demi kesehatan jantung.

Dilansir dari laman Medical News Today, hal ini berdasarkan sebuah studi baru, yang menemukan bahwa orang dengan penyakit kardiovaskular (CVD) mengonsumsi lebih dari dua kali lipat dari yang direkomendasikan yaitu 1.500 miligram (mg) natrium setiap hari.

Jumlah rata-rata natrium yang dikonsumsi setiap hari adalah 3.096 mg, dengan 89% peserta penelitian mengonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan.

Temuan ini dipresentasikan pada 6-8 April di Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology. Hasilnya belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) merekomendasikan orang dewasa yang tidak memiliki atau tidak diketahui berisiko penyakit jantung mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg natrium per hari. Ini setara dengan satu sendok teh garam meja.

Rata-rata orang dengan penyakit jantung dalam penelitian ini melebihi tingkat tersebut hampir 1.000 mg. Penelitian ini menggunakan data dari 3.170 partisipan di Pusat Pengendalian Penyakit. Sampel ini mencakup pria dan wanita berusia di atas 20 tahun dengan diagnosis penyakit kardiovaskular.

Dari kelompok ini, mayoritas berusia 65 tahun ke atas, berkulit putih, dan memiliki tingkat pendidikan di bawah SLTA. Laki-laki, yang jumlahnya lebih dari separuh subjek (56,4%), mengalami kelebihan berat badan dengan rata-rata asupan 1.862 kalori per hari.

Meskipun konsumsi natrium yang berlebihan sering kali dianggap sebagai akibat dari lebih sedikit pilihan makanan, penelitian ini membalikkan hipotesis tersebut. Kelompok dengan asupan natrium terbesar adalah orang-orang dengan skala pendapatan lebih tinggi dan memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi.

Penulis penelitian berpendapat bahwa individu dengan tingkat pendidikan dan pendapatan yang lebih tinggi mungkin lebih baik dalam melaporkan asupan natrium mereka, yang mungkin berkontribusi terhadap hasil yang mengejutkan.

Apa yang terjadi pada jantung jika Anda mengonsumsi terlalu banyak natrium?
Nama kimia garam meja adalah natrium klorida. Sodium adalah mineral alami yang diperlukan untuk kesehatan manusia dalam jumlah kecil.

“Sodium membantu menyeimbangkan air dalam tubuh Anda. Dan ada pepatah dalam dunia kedokteran, 'Kemana natrium pergi, air pun mengikuti,” jelas ahli jantung Jayne Morgan, MD, direktur klinis di Piedmont Healthcare Corporation di Atlanta, GA. 

Maka dari itu, lanjut dia, inilah sebabnya garam meningkatkan volume darah di tubuh Anda. Dampaknya adalah peningkatan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat kemudian memaksa jantung Anda bekerja lebih keras, yang pada akhirnya membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung,” kata Dr. Morgan.

Dr Morgan mencatat bahwa kelebihan natrium telah lama dikaitkan dengan pengerasan dan pengerasan arteri dan aterosklerosis.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022