Start Up Ini Temukan ASI Buatan Laboratorium

blog_10

GAYA HIDUP

May 22 2023, 01.53

Sebuah perusahaan startup di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat, berhasil menemukan formula yang bisa menggantikan Air Susu Ibu (ASI) melalui teknologi laboratorium. Biomilq, perusahaan di balik terobosan tersebut telah bekerja selama hampir satu dekade untuk mereplikasi proses pembuatan ASI, seperti produksi alami.

Tim ilmuwan menggunakan sel untuk membuat ulang gula dan protein yang ditemukan dalam ASI. Ada ratusan sukarelawan yang menyumbangkan sampel susu mereka, sehingga perusahaan dapat membangun bank sel yang cukup besar untuk meluncurkan proses replikasi susu dalam skala besar. 

Hal ini juga diinisiasi lantaran Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengungkapkan bahwa, pasokan susu formula bayi Amerika masih rentan terhadap gangguan dan masalah keamanan pada akhir Maret 2023 lalu.

“Kekurangan susu formula tidak dapat dihindari di negara ini,” kata pendiri dan CEO Biomilq, Leila Strickland, dikutip dari CNBC International.

Biomilq tidak bertujuan untuk menggantikan ASI atau susu formula bayi, tetapi menjadikan penemuan ini sebagai pendukung kedua. Penemuan formula seperti ASI ini juga diklaim belum bisa menggantikan posisi ASI langsung dari ibu bayi.

Namun, Profesor University of North Carolina Greensboro, Maryanne Perrin mengatakan bahwa banyak susu formula bayi saat ini bergantung pada susu sapi bubuk, yang produksinya menimbulkan dampak lingkungan yang besar.

Iya menuturkan, setelah semua teknologi Biomilq ada, hal itu bisa meluas ke pasar lain yang lebih besar, seperti memproduksi susu sapi dalam model kultur sel.

"Teknologi ini berpotensi berdampak pada banyak industri," kata Perrin.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Survei: 73% Pekerja Pernah Alami Perlakuan Tidak Menyenangkan

LAINNYA

Jun 25 2024, 13.15

Survei dilakukan terhadap 1.412 pekerja secara online dengan responden tersebar diseluruh wilayah Indonesia.


Generic placeholder image

Studi: Gangguan Tidur Bisa Picu Keinginan Bunuh Diri

LAINNYA

May 30 2024, 14.50

Para peneliti menemukan bahwa terjaga di malam hari meningkatkan risiko perilaku yang tidak diatur.


Generic placeholder image

Survei: 74 Persen Guru Honorer Dibayar Lebih Kecil dari Upah Minimum

LAINNYA

May 21 2024, 09.38

Responden survei terdiri dari 123 orang berstatus sebagai Guru PNS, 118 Guru Tetap Yayasan, 117 Guru Honorer atau Kontrak dan 45 Guru PPPK.


Generic placeholder image

Penelitian: Bekerja Shift Malam Rentan Alami Diabetes dan Obesitas

GAYA HIDUP

May 13 2024, 07.41

Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi dan sensitivitas insulin.


Copyright Katadata 2022