Makan Junk Food Saat Stres Justru Tingkatkan Kecemasan

blog_10

Jun 18 2024, 13.31

Hindari memakan hamburger dan kentang goreng saat stres melanda. Meskipun menginginkan makan junk food saat mengalami stres adalah hal yang wajar, para peneliti menemukan bahwa alih-alih memberikan kenyamanan, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan mental dengan meningkatkan kecemasan.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa beralih dari pola makan tinggi lemak, tinggi gula, dan ultra-olahan ke pola makan yang lebih sehat dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan secara umum.

Kemudian, dalam studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Biological Research, para peneliti menyelidiki faktor mendasar di balik hubungan antara pola makan tinggi lemak dan kecemasan. Mereka menemukan bahwa pola makan tinggi lemak mengganggu bakteri usus pada hewan, menyebabkan perubahan perilaku dan mempengaruhi kimia otak melalui hubungan kompleks antara usus dan otak. Gangguan ini pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kecemasan.

Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti yang sama, ditemukan bahwa setelah diberi makanan tinggi lemak jenuh, tikus menunjukkan peningkatan tingkat peradangan saraf dan perilaku yang menunjukkan kecemasan.

“Semua orang tahu bahwa ini bukanlah makanan sehat, tapi kita cenderung hanya menganggapnya sebagai makanan yang menambah sedikit berat badan. Jika Anda memahami bahwa makanan ini juga berdampak pada otak Anda sehingga dapat meningkatkan kecemasan, maka risikonya semakin besar,” kata penulis utama Christopher Lowry dalam siaran persnya, dikutip pada Selasa (18/6/24).

Dalam penelitian, selama percobaan sembilan minggu, tikus dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi diet standar yang mengandung sekitar 11% lemak, sedangkan kelompok lainnya menerima diet tinggi lemak dengan 45% lemak, terutama terdiri dari lemak jenuh dari produk hewani.
Sepanjang uji coba, para peneliti mengumpulkan sampel tinja dan memeriksa bakteri usus tikus. Di akhir uji coba, tim melakukan uji perilaku pada hewan.

Hasilnya, tikus yang diberi diet tinggi lemak mengalami kenaikan berat badan lebih banyak dibandingkan tikus yang diberi diet standar. Para peneliti mencatat bahwa keragaman bakteri usus di dalamnya lebih sedikit, yang mengindikasikan kesehatan yang lebih buruk. Kemudian, ada juga peningkatan jenis bakteri yang disebut Firmicutes dan penurunan jenis yang disebut Bacteroidetes. Rasio Firmicutes dan Bacteroidetes yang lebih tinggi dikaitkan dengan pola makan industri dan obesitas.

Kelompok diet tinggi lemak juga menunjukkan ekspresi yang lebih tinggi dari tiga gen ( tph2, htr1a, dan slc6a4 ) yang terlibat dalam produksi dan sinyal neurotransmitter serotonin—khususnya di wilayah batang otak yang dikenal sebagai dorsal raphe nukleus cDRD, yang merupakan terkait dengan stres dan kecemasan," kata rilis berita tersebut.

Meskipun serotonin sering disebut sebagai “bahan kimia otak yang membuat perasaan nyaman,” bagian tertentu dari neuron serotonin, yang, ketika diaktifkan, memicu respons seperti kecemasan pada hewan, jelas Lowry.

“Memikirkan bahwa pola makan tinggi lemak dapat mengubah ekspresi gen-gen di otak adalah hal yang luar biasa. Kelompok yang mengonsumsi makanan tinggi lemak pada dasarnya memiliki tanda molekuler dari keadaan kecemasan tinggi di otak mereka,” tambah Lowry.

Penulis : Maidian Reviani