Lima Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 05.37

Penyakit gagal ginjal tidak mengenal usia. Gagal ginjal bisa terjadi pada orang di usia muda, bahkan anak-anak. Gagal ginjal adalah kondisi ketika satu atau kedua ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Organ ini memiliki peran dalam menyaring darah, membuang zat sisa metabolisme dan racun, merangsang pembentukan sel darah merah, serta menjaga keseimbangan cairan dan pH di dalam tubuh.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gagal ginjal di usia muda, mulai dari pola hidup hingga kondisi medis yang diderita. Dilansir dari laman Alodokter, berikut lima penyebab gagal ginjal di usia muda:

1. Kurang minum air putih

Kebiasaan malas minum air putih bisa menjadi penyebab gagal ginjal pada usia muda, terutama jika Anda memiliki aktivitas yang padat dan berolahraga berat. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan hingga mengakibatkan dehidrasi, zat sisa metabolisme dan racun akan menumpuk di dalam tubuh.

Dehidrasi juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Seiring waktu, kondisi-kondisi tersebut dapat merusak ginjal dan memicu terjadinya gagal ginjal.

2. Konsumsi makanan atau minuman manis berlebihan

Jika saat ini kamu gemar makanan atau minuman yang mengandung gula tambahan, seperti jus kemasan, minuman bersoda, atau es krim, sebaiknya mulai menguranginya. Pasalnya, jenis makanan dan minuman tersebut dapat menjadi penyebab gagal ginjal pada usia muda.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi minuman bersoda 1–2 kali sehari dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis, termasuk gagal ginjal. Selain minuman dengan pemanis buatan, konsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan gagal ginjal.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan kematian jaringan otot rangka atau rhabdomyolysis. Ketika jaringan otot rangka rusak, protein yang disebut mioglobin akan masuk ke dalam aliran darah dan mencapai ginjal.

Protein tersebut dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada jaringan ginjal yang akhirnya membuat fungsi ginjal terganggu. Risiko terjadinya gagal ginjal bisa semakin tinggi apabila rhabdomyolysis disertai dengan dehidrasi berkepanjangan.

4. Konsumsi makanan tinggi garam

Kebiasaan konsumsi makanan tinggi garam berkontribusi pada risiko gagal ginjal di usia muda. Garam atau natrium akan mengikat banyak cairan yang dialirkan bersama darah ke jantung. Kondisi ini akan membebani kerja jantung sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merusak pembuluh darah di ginjal dan menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal. Seiring berjalannya waktu, fungsi ginjal dapat mengalami penurunan.

5. Merokok

Seorang perokok aktif berisiko 4 kali lebih tinggi mengalami gagal ginjal. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan penyempitan dan peradangan pada pembuluh darah. Hal ini dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah ginjal dan memengaruhi fungsi ginjal.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Generic placeholder image

Latihan Ini Dapat Mempertahankan Kekuatan Kaki Pada Pensiunan

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 10.02

Massa dan fungsi otot rangka menurun secara alami seiring bertambahnya usia, yang memengaruhi mobilitas dan otonomi.


Generic placeholder image

Rutin Makan Ikan Kecil Mengurangi Risiko Semua Penyebab Kematian

GAYA HIDUP

Jun 19 2024, 10.36

Studi tersebut mengevaluasi kebiasaan makan 80.802 peserta di Jepang, yang terdiri dari 34.555 peserta adalah laki-laki dan 46.247 perempuan.


Generic placeholder image

Puasa Meningkatkan Sel Kekebalan Alami dan Membantu Tubuh Melawan Kanker

GAYA HIDUP

Jun 19 2024, 10.30

Para peneliti telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan sel pembunuh alami sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.


Copyright Katadata 2022