Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Kasus kanker penis melonjak di seluruh dunia dan diprediksi akan meningkat lebih lanjut pada tingkat yang mengkhawatirkan sebesar 77% dalam tiga dekade ke depan. Hal itu diungkap penyelidikan baru-baru ini yang dilakukan oleh BBC.

Dilansir dari Medical Daily, untuk memahami tren kejadian kanker penis, para peneliti dari Universitas Sun Yat-Sen di Tiongkok menganalisis 44 populasi dari 43 negara menggunakan database Insiden Kanker di Lima Benua Plus (CI5plus) dan Database Nordic Cancer Registries (NORDCAN) dari tahun 1973 hingga 2012. Mereka memperkirakan bahwa pada tahun 2020, tingkat standar usia global untuk kanker penis mencapai 36.068 kasus baru dan 13.211 kematian per 100.000 kasus.

Kemudian, para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara. Tiga belas dari negara-negara ini berada di Eropa, dan dua di Asia. Negara-negara termasuk Inggris, Lithuania, Norwegia, Estonia, Finlandia, Swedia, Siprus, Belanda, Italia, Kroasia, Slovakia, Rusia, Republik Ceko, Cina, dan Israel.

Brasil memiliki salah satu tingkat kejadian tertinggi 2,1 per 100.000 pria dan mengalami 6.500 amputasi dalam satu dekade. Kasus di Jerman meningkat 50% antara tahun 1961 dan 2012, sementara Inggris juga mengalami lonjakan yang signifikan.

"Meskipun negara-negara berkembang masih menanggung insiden dan kematian kanker penis yang lebih tinggi, kejadiannya meningkat di sebagian besar negara Eropa. Untuk mengurangi beban penyakit akibat kanker penis, langkah-langkah untuk menurunkan risiko kanker penis, termasuk meningkatkan kebersihan penis dan vaksinasi human papillomavirus pria, mungkin diperlukan," tulis para peneliti dalam studi yang diterbitkan dalam publikasi JMIR.

Menurut American Cancer Society, tanda-tanda pertama kanker penis dapat muncul pada kulit penis yang dapat bermanifestasi sebagai perubahan pada tekstur kulit penis seperti penebalan, perubahan warna, dan adanya benjolan. 

Gejala lainnya termasuk bisul yang mungkin berdarah, ruam beludru kemerahan di bawah kulup, benjolan kecil berkerak, pertumbuhan coklat kebiruan yang rata, dan terjadinya cairan berbau atau pendarahan di bawah kulup. Pembengkakan di ujung penis dan pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa menjadi tanda peringatan.

Kemudian, gejala-gejala ini mungkin tidak selalu mengkonfirmasi bahwa seseorang menderita kanker penis, karena banyak kondisi lain juga dapat menunjukkan tanda-tanda yang sama. Namun, individu yang mengalami gejala-gejala ini disarankan untuk mencari perhatian medis, karena diagnosis dini dapat meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan untuk kanker penis.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022