Empat Strategi Mengatur Keuangan agar Bisa Beli Tiket Konser Musik

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 29 2024, 08.40

Konser dan festival musik semakin banyak digelar di Indonesia. Musisi kelas dunia seperti David Foster dan Ed Sheeran sudah menyapa fans mereka di Indonesia. Lalu akan ada lagi Bruno Mars hingga Dua Lipa.

Bagi sebagian orang, menonton konser musik adalah kesempatan untuk healing dan menikmati kegembiraan serta bertemu langsung dengan sang idola. 

Namun, banyaknya acara musik sering kali membuat para penggemarnya khawatir karena keterbatasan tabungan. Apalagi tiket konser biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sehingga diperlukan strategi khusus untuk dapat membeli tiket konser tanpa mengganggu arus keuangan.

Berikut ini empat strategi mengatur keuangan agar Anda bisa membeli tiket konser musik, dikutip dari laman BCA:

1. Perencanaan Keuangan

Mulailah dengan merencanakan keuangan Anda. Buatlah rincian biaya yang akan digunakan untuk menghadiri konser, termasuk biaya tiket, akomodasi, makanan, dan merchandise. Setelah merinci dan menjumlahkan biaya-biaya tersebut, tentukan tujuan, jangka waktu, dan skema penghematan hingga Anda siap untuk membeli tiket konser.

Pastikan setiap tujuan tabungan tercapai dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Misalnya, jika target tabungan bulanan adalah Rp100.000, pastikan Anda mencapai target tersebut dalam jangka waktu menabung.

2. Buat Rekening Tabungan Terpisah

Menyimpan dana konser di rekening yang sama dengan rekening pengeluaran rutin Anda cukup berisiko. Orang sering kali tidak sengaja menggunakan dana yang disisihkan untuk keperluan lain. Untuk mencegah hal ini, buatlah rekening tabungan terpisah yang didedikasikan khusus untuk konser. Ada banyak pilihan, seperti membuka rekening tambahan khusus untuk tabungan, seperti Tahaka (Tabungan Berjangka) untuk menabung secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

3. Berburu Tiket Presale

Untuk menghemat biaya, belilah tiket konser presale. Tiket ini biasanya lebih murah daripada harga tiket reguler. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli tiket konser presale!

4. Memanfaatkan Kartu Kredit & Promosi

Selain berburu tiket presale, manfaatkan juga promosi kartu kredit. Beberapa kartu kredit menawarkan diskon dan keuntungan yang menarik. Ikuti terus perkembangan promosi kartu kredit yang sedang berlangsung agar tidak ketinggalan. 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kabar Gembira, Jadwal Konser Bruno Mars di Jakarta Jadi 3 Hari

LAINNYA

Jun 27 2024, 22.06

Sebelumnya, promotor menyebut konser Bruno Mars hanya akan diadakan 13-14 September 2024.


Generic placeholder image

Konser Musik di Indonesia Kelas Dunia Ini Selalu Dinantikan Setiap Tahun

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 13.11

Konser musik memiliki peran besar dalam ajang mempromosikan Indonesia ke masyarakat luas.


Generic placeholder image

Sedih Setelah Nonton Konser, Ciri-ciri Post Concert Depression

GAYA HIDUP

Jun 22 2024, 14.56

Post concert depression merupakan proses adaptasi dari perasaan gembira saat menyambut konser hingga akhirnya perasaan tersebut hilang.


Generic placeholder image

2.000 Orang Jadi Korban Penipuan Tiket Konser, Kerugian Rp12 Miliar

LAINNYA

Jun 05 2024, 07.42

Sebagian besar kasus ini melibatkan tiket konser Eras Tour Taylor Swift.


Generic placeholder image

David Foster Senang dengan Penonton Konser di Indonesia

LAINNYA

Jun 05 2024, 05.24

Konser Hitman Returns: David Foster & Friends 2024 akan digelar di ICE BSD.


Copyright Katadata 2022