Ingin Makan di Resto Ini, Anda Harus Menunggu Antrean Hingga 1 Tahun

blog_10

GAYA HIDUP

Jul 05 2024, 06.27

Hal-hal yang baik akan datang kepada mereka yang mau menunggu. Pepatah ini layak diberikan kepada pelanggan resto Disfrutar di Barcelona, Spanyol. Resto ini baru saja menempati peringkat teratas daftar 50  Restoran Terbaik di Dunia.

Berita tentang kenaikan peringkat ini tidak mengejutkan bagi para pencinta kuliner yang sudah tahu karena Disfrutar telah menerima peringkat teratas dari berbagai panduan bergengsi, termasuk Michelin. Akibatnya, untuk bisa memesan meja dan makan di resto ini, antreannya sudah mendekati satu tahun. 

Oriol Castro, Mateu Casañas dan Eduard Xatruch bertemu di restoran legendaris 'El Bulli' di mana mereka bekerja sebagai koki di bawah perintah Ferran Adrià dan Juli Soler.

Di sanalah ketiga orang Catalan ini mengasah kemampuan mereka dan memperoleh pengetahuan yang kini membawa mereka ke puncak prestasi kuliner. Pada 2012, mereka memutuskan untuk menjadi mitra dan membuka restoran pertama mereka: 'Compartir', di kota Cadaqués, Girona.

Sejak saat itu, ketiga chef ini telah membuka dua restoran lagi: 'Disfrutar' di Barcelona (2014) dan 'Compartir' juga di Barcelona (2022). Mereka mengatakan, penghargaan ini menunjukkan kekuatan masakan Spanyol.

"Di masa lalu, ada masakan Prancis yang luar biasa, lalu ada gerakan, di sini di Spanyol, masakan Basque. Kemudian muncul revolusi El Bulli dan tanpa diragukan lagi kami terus melakukan revolusi ini di Catalonia, di Spanyol, dengan Celler de Can Roca dan kemudian dengan kami mendapatkan hadiah pertama ini," kata Castro kepada Euronews.

Pada 2015 mereka mendapatkan bintang Michelin pertama, pada 2017 yang kedua dan yang ketiga pada 2023. Pada  2022 mereka berada di posisi ketiga dalam daftar 50 Restoran Terbaik Dunia, dan di tahun berikutnya di posisi kedua.

"Hingga saat itu, mereka tidak mengumumkan bahwa kami adalah nomor satu, kami tidak tahu dan itu menjadi momen yang ajaib. Jadi ini luar biasa, tak terlukiskan dan tak ada bandingannya," kata Casañas.

Situs web 50 Restoran Terbaik Dunia menggambarkan Disfrutar sebagai pengalaman bersantap sekali seumur hidup dan memuji hidangan imajinatif yang brilian, penguasaan teknis yang tak tertandingi, dan presentasi yang menyenangkan.

Pengunjung dapat mencoba hidangan seperti pesto berbentuk bulat dengan pistachio dan belut yang empuk, atau hidangan tapas khas Spanyol, gilda.

Tidak mengherankan jika permintaan meja mencapai rekor tertinggi.

"Sejak kami mendapatkan penghargaan ini, sebenarnya masalah reservasi telah meningkat. Sebelumnya kami memiliki daftar tunggu sekitar tujuh atau delapan bulan, sekarang kami memiliki hampir satu tahun dalam daftar tunggu," jelas manajer Vicente Lara.

Dia mengatakan, penghargaan ini juga membuat ekspektasi pelanggan menjadi sangat tinggi, yang berarti lebih banyak tekanan bagi tim yang kini berjumlah 75 orang.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kisah Resto di Daerah Terpencil yang Jadi Restoran Terbaik di Dunia

GAYA HIDUP

Jan 07 2024, 18.39

Ketika mahkota kuliner tidak diberikan kepada resto mewah tetapi kepada resto milik pribadi di sebuah daerah terpencil.


Copyright Katadata 2022