Kisah Resto di Daerah Terpencil yang Jadi Restoran Terbaik di Dunia

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 07 2024, 18.39

Pada 20 Juni 2023, pasangan suami-istri Virgilio Martínez dan Pia Leon mendapatkan kabar gembira. Restoran milik mereka yaitu Central yang terletak di Lima, ibu kota Peru, dinobatkan sebagai restoran terbaik di dunia. Penghargaan ini disponsori oleh S.Pellegrino & Acqua Panna.

"Ini bukan tentang menjadi No. 1, ini bukan tentang kompetisi atau menjadi yang terbaik, ini tentang melakukan apa yang kita cintai setiap hari, terus mencapai tujuan kita yang indah dan hanya mencari kebenaran,” kata Martinez saat menerima penghargaan yang dilangsungkan di kota Valencia, Spanyol.

Pia bergabung dengan calon suaminya, Virgilio Martínez, di restoran Central pada tahun pertama pembukaannya hampir 15 tahun yang lalu. Sejak saat itu, pasangan suami istri ini telah mengangkat budaya gastronomi Peru ke tingkat tertinggi di panggung dunia. 

Menu Central yang terkenal di seluruh dunia membuat para chefnya terinspirasi oleh keanekaragaman hayati di negara ini. Setiap hidangan yang mewakili area tertentu di negara ini dari 15 meter di bawah Samudra Pasifik hingga 4.200 meter di ketinggian Andes.

Restoran ini merupakan salah satu tempat bersantap mewah pertama di benua Amerika Latin yang tidak lagi bergantung pada teknik Prancis, Eropa, atau Barat. Sebagai gantinya, restoran ini menciptakan pengalaman individual yang berbicara tentang negaranya. 

Setelah beberapa tahun pertama yang sulit, restoran ini semakin berpengaruh, memicu revolusi yang mengilhami beberapa negara Amerika Selatan lainnya untuk lebih menghargai budaya kuliner mereka sendiri. Ini semua berujung pada apresiasi global terhadap gastronomi Kolombia, Argentina, Brasil dan masih banyak lagi yang meningkat di tingkat internasional.

Malena Martínez, saudara perempuan sang chef yang mengelola bagian riset restoran, Mater Iniciativa - yang karyanya menjadi dasar menu-menu pemenang penghargaan di Central - menjelaskan filosofi restoran ini. 

"Di Mater, kami mengikuti beberapa langkah: berpikir sebelum merencanakan, merencanakan sebelum melakukan, memikirkan setiap langkah yang Anda ambil, dan juga melihat ke belakang. Adalah naif jika Anda berpikir bahwa Anda tidak dapat mengubah status quo jika Anda terus bergerak maju,” ungkap Malena dikutip dari laman TheWorld Best 50.

Kemenangan Central menandai momen penting dalam sejarah gastronomi ketika mahkota kuliner global dianugerahkan bukan kepada institusi santapan mewah tradisional, tetapi kepada restoran independen milik keluarga yang terletak di negara kecil di antara pegunungan Andes dan Samudra Pasifik.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ingin Makan di Resto Ini, Anda Harus Menunggu Antrean Hingga 1 Tahun

GAYA HIDUP

Jul 05 2024, 06.27

Disfrutar telah menerima peringkat teratas dari berbagai panduan bergengsi, termasuk Michelin.


Copyright Katadata 2022