Kampung Coklat Blitar, Wisata Edukasi yang Seru dan Menarik di Jawa Timur

blog_10

GAYA HIDUP

Sep 28 2024, 12.21

Siapa tak kenal Kampung Coklat Blitar? Tempat wisata edukasi yang seru dan menarik ini menjadi salah satu yang dibanggakan oleh masyarakat Jawa Timur, khususnya warga Blitar.

tempat wisata yang berlokasi di Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini merupakan tempat hiburan buatan berbasis wisata edukasi. Dengan begitu banyak keunggulan yang dimiliki, tak heran jika Kampung Coklat sering menjadi tujuan wisata sambil belajar bagi siswa siswi sekolah maupun keluarga.

Di antara keunggulan wisata sambil belajar ke Kampung Coklat Blitar adalah, adanya Paket Edukasi yang telah terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui Paket Edukasi ini, siswa siswi sekolah dan keluarga yang membawa anak-anak mereka dapat belajar tentang tumbuhan kakao, serta pengolahan coklat dari hulu hingga hilir. 

Sementara itu, di dalam Kampung Coklat sendiri tersedia berbagai wahana menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa, ditambah dengan spot foto unik bertema vintage rustic yang tentu dapat dijadikan latar foto selfie maupun bersama-sama.

Tak hanya itu, disediakan pula berbagai macam food court dengan aneka menu yang pastinya menggugah selera dengan harga hemat di kantong.

Fasilitas lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung Kampung Coklat adalah hall indoor maupun outdoor, yang juga disewakan untuk berbagai event.

Di Kampung Coklat ini, para pengunjung tidak hanya dapat melihat dan belajar langsung bagaimana proses pembuatan serta pengolahan coklat menjadi berbagai macam produk olahan, tapi juga dapat membeli produk-produk olahan coklat tersebut.

Dengan luas sekitar 6,5 hektar, Kampung Coklat dilengkapi dengan perkebunan yang memasok kebutuhan produksi, yaitu biji kakao untuk bahan dasar pembuatan coklat. Selain itu, di dalam tempat wisata edukasi ini juga terdapat pabrik produksi pengolahan coklat, yang mana olahan coklat yang dibuat mampu menghabiskan sekitar tiga ton per hari, yang hasilnya dijual kepada pengunjung dan dikirim keluar kota.

Bagi pengunjung yang ingin melihat keseluruhan isi Kampung Coklat, tidak perlu khawatir jika tidak memungkinkan untuk berjalan jauh, karena di dalam tempat wisata edukasi ini disediakan golf car dan sepeda listrik yang bisa digunakan untuk berkeliling. Terdapat juga galeri coklat yang memudahkan pengunjung untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan selama berada di lokasi wisata ini, terutama untuk kebutuhan konsumsi maupun untuk buah tangan.

Begitu juga dengan masjid besar untuk beribadah, ada juga penginapan untuk pengunjung yang ingin menginap di Kampung Coklat.

Disediakan pula masjid besar untuk beribadah, serta penginapan untuk pengunjung yang ingin menginap di Kampung Coklat tersebut.

Dengan konsep edukatif yang diterapkan, Kampung Coklat ini memang cocok sebagai lokasi hiburan keluarga, dan sebagai penambah wawasan bagi siswa siswi sekolah, karena tempat wisata edukasi ini memiliki keunikan tersendiri dari tempat wisata lainnya, dan tak akan membuat siapa pun bosan untuk selalu berkunjung ke sana.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Sentra Edukasi Bambu: Inisiatif Konservasi Air dan Pemberdayaan Ekonomi di Mojokerto

EKONOMI & BISNIS

Aug 30 2024, 06.17

Sebelum ini, banyak petani menganggap bambu sebagai tanaman yang tidak memiliki nilai ekonomi.


Copyright Katadata 2022