Cara Jitu Mengurangi Kaki Bengkak Saat Hamil

blog_10

GAYA HIDUP

Aug 14 2023, 14.48

Salah satu keluhan yang kerap membuat tidak nyaman ibu hamil di masa mengandung adalah kaki bengkak. Meski, kondisi kaki bengkak saat masa kehamilan sebenarnya hal yang wajar dan umumnya tidak berbahaya.
 
Kaki bengkak saat hamil terjadi karena cairan di dalam tubuh menumpuk di pembuluh darah kaki dan masuk ke jaringan terdekat, sehingga menambah volume kaki dan membuatnya seperti bengkak. 
 
Biasanya, pembengkakan terjadi mulai dari pergelangan kaki hingga ke jari-jari kaki dan akan makin terasa ketika masuk di trimester ketiga. Hal itu terjadi karna tubuh terus membangun suplai darah dan cairan, yang mana dapat menyebabkan pembengkakan. Rahim Anda juga semakin berat saat bayi Anda tumbuh, yang mana dapat memperlambat aliran darah dari kaki kembali ke jantung. 
 
Namun tak perlu khawatir, dilansir dari laman Healthline, ada banyak cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dan dapat Anda coba untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut.
 
1. Kurangi asupan garam
Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan adalah dengan membatasi asupan natrium (garam). Garam membuat tubuh Anda menahan air ekstra.

Cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau olahan, karena ini sangat tinggi sodium. Juga, cobalah untuk tidak menambahkan garam dapur pada makanan Anda. Menggunakan herbal gurih seperti rosemary, thyme, dan oregano adalah cara mudah untuk menambahkan rasa pada resep Anda tanpa menggunakan garam.
 
2. Tingkatkan asupan kalium 
Tidak mendapatkan cukup potasium juga dapat memperburuk pembengkakan. Ini karena potasium membantu tubuh Anda menyeimbangkan jumlah cairan yang disimpannya. Vitamin prenatal harus memiliki potasium ekstra, tetapi juga penting untuk mengonsumsi sumber potasium makanan yang baik.
 
Beberapa makanan yang secara alami tinggi kalium meliputi: ikan salmon, kacang-kacangan, kentang dengan kulitnya, ubi jalar dengan kulitnya, pisang, bayam, kacang polong. Kemudian, beberapa jus buah, terutama delima, jeruk, wortel, markisa, bit.
 
3. Kurangi asupan kafein
Meskipun kafein sesekali selama kehamilan tidak berbahaya, minum terlalu banyak kafein tidak dianggap baik untuk bayi. Itu juga bisa memperburuk pembengkakan.
 
Kafein adalah diuretik, yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak dan kemudian membuat tubuh Anda berpikir perlu menahan cairan. Cobalah kopi tanpa kafein dengan susu atau teh herbal, seperti peppermint untuk membantu memberi Anda sedikit tambahan energi.
 
4. Minum lebih banyak air
Aneh kedengarannya minum lebih banyak air untuk melawan pembengkakan, namun itu benar-benar berhasil. Jika tubuh Anda mengira Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan menahan lebih banyak cairan untuk mencoba mengompensasi.
 
Jadi cobalah untuk minum setidaknya 10 gelas air setiap hari untuk menjaga agar ginjal Anda membuang hal-hal buruk dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.
 
Jika minum air sebanyak itu terasa menakutkan, cobalah membeli cangkir lucu yang ingin terus Anda isi ulang, atau botol air raksasa yang hanya perlu Anda isi ulang beberapa kali sehari. Anda juga bisa membumbui air dengan lemon, mint, atau beri agar lebih nikmat.
 
5. Angkat kaki dan istirahat
Meskipun duduk sepanjang waktu tidak bagus untuk sirkulasi Anda, berdiri sepanjang waktu juga berdampak buruk pada tubuh hamil Anda yang cantik.
 
Duduk dengan kaki ditinggikan sebentar, terutama di penghujung hari, dapat membantu mengeringkan cairan yang menggenang di kaki Anda sepanjang hari.
 
6. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman
Mengenakan pakaian ketat, terutama di sekitar pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, dapat memperparah pembengkakan. Pada dasarnya, itu membuat darah tidak bersirkulasi semudah mungkin.
 
Cobalah mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman atau setidaknya hindari karet gelang yang ketat. Gaun maxi bersalin di musim panas dan cardigan, atau sweater yang mengalir dengan jogging di musim dingin bisa terlihat lucu dan nyaman.
 
7. Tetap tenang
Terutama jika Anda sedang hamil selama bulan-bulan musim panas, tinggal di dalam ruangan selama hari yang panas dan menghindari olahraga berat dapat membantu Anda tetap sejuk dan mengurangi pembengkakan.
 
Anda juga dapat mengenakan pakaian dingin, mengompres dingin di kaki, atau menyimpan kipas angin di dekat Anda.
 
8. Kenakan stoking kompresi setinggi pinggang
Stoking ini meremas kaki dan kaki Anda dengan lembut untuk membantu menjaga sirkulasi cairan. Cobalah untuk menghindari stoking kompresi setinggi lutut, karena mungkin terlalu ketat di bagian tengah kaki Anda dan justru memperparah pembengkakan.
 
9. Berjalan
Berjalan kaki selama 5 atau 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi Anda, yang membantu mengurangi pembengkakan. Ini juga bisa menjadi istirahat yang baik, dan ini adalah cara yang bagus untuk melakukan olahraga yang aman untuk kehamilan.
 
10. Kenakan sepatu yang nyaman
Mengenakan sepatu yang nyaman (bahkan orthotic), adalah kunci untuk mengurangi pembengkakan kaki, serta untuk mencegah masalah pinggul dan punggung yang dapat timbul saat pusat gravitasi Anda bergeser dan berat badan Anda bertambah.
 
Selain pembengkakan, ligamen di tubuh Anda (termasuk kaki) sebenarnya meregang selama kehamilan, sehingga ukuran kaki Anda bisa berubah. Kaki beberapa orang kembali ke ukuran sebelum hamil, tetapi banyak orang menemukan bahwa kaki mereka berukuran setengah atau lebih besar secara permanen.
 
11. Berenang
Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa tekanan air mengurangi pembengkakan selama kehamilan, tetapi banyak orang merasa lega dari pembengkakan saat mereka menghabiskan waktu di kolam renang.
 
Cobalah berdiri atau berenang di kolam yang kedalaman airnya hampir mencapai leher Anda. Paling tidak, Anda akan merasa lebih ringan dan sejuk, plus sedikit berolahraga. Anda juga mungkin menemukan bahwa kaki dan tungkai Anda tidak terlalu bengkak.
 
12. Lakukan pijatan
Pijat membantu mengedarkan cairan yang cenderung menumpuk di kaki Anda, yang pada gilirannya akan mengurangi pembengkakan. Menambahkan beberapa minyak esensial peppermint atau lavender dapat membuatnya lebih rileks.
 
13. Tidur miring ke kiri
Tidur miring ke kiri jika memungkinkan dapat meningkatkan aliran darah, yang mengurangi pembengkakan kaki. Berbaring miring ke kiri menghilangkan tekanan rahim Anda dari vena cava inferior, yang merupakan pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke jantung Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa kaki bengkak terkadang juga menandakan masalah yang lebih serius. Salah satu kekhawatiran ini disebut preeklamsia. Kondisi ini dapat berkembang selama kehamilan dan menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

Hubungi dokter jika Anda mengalami pembengkakan tiba-tiba pada tangan, kaki, wajah, atau di sekitar mata. Kemudian, pembengkakan yang semakin parah secara dramatis, pusing atau penglihatan kabur, sakit kepala parah, sakit perut terutama di bagian kanan atas hingga sulit bernafas.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022