Malas Sikat Gigi Bisa Berisiko Sakit Jantung

blog_10

GAYA HIDUP

Nov 09 2023, 18.36

Sering melewatkan sikat gigi sebelum tidur itu? Pikirkan lagi! Para peneliti menemukan bahwa menghindari menyikat gigi di malam hari akan menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Dilansir dari Huffington Post, sebuah studi baru menunjukkan kebiasaan kebersihan mulut dapat berdampak pada kondisi kardiovaskular, meningkatkan kemungkinan mengembangkan komplikasi seperti angina, gagal jantung atau serangan jantung.

Penelitian, yang diterbitkan di jurnal Nature's Scientific Reports ini mempelajari pasien yang mengunjungi Rumah Sakit Universitas Osaka di Jepang antara April 2013 dan Maret 2016 untuk pemeriksaan, operasi, atau perawatan. Studi ini mengamati 1.675 pasien berusia 20 tahun ke atas. Usia, jenis kelamin, riwayat merokok, catatan gigi dan medis juga dievaluasi.

Mereka membagi orang menjadi empat kelompok, yakni orang yang menyikat dua kali sehari; mereka yang hanya menyikat di pagi hari; orang yang hanya melakukannya di malam hari; dan mereka yang tidak menggosok sama sekali.

Para peneliti menemukan non-perokok yang hanya menyikat gigi di pagi hari, serta mereka yang tidak menyikat gigi sama sekali, memiliki prognosis terburuk ketika dirawat di rumah sakit dengan masalah kesehatan kardiovaskular.

Kemudian, orang yang menyikat dua kali sehari dan mereka yang menyikat hanya di malam hari memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa bakteri yang tertinggal di dalam mulut kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab peradangan di seluruh tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit kardiovaskular.

"Untuk mencegah penyakit kardiovaskular, menyikat gigi sebelum sarapan diperlukan, tetapi yang paling penting adalah menyikat gigi di malam hari sebelum tidur,” ungkap penelitian tersebut.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022