Kuliner Pulau Jawa, Nomor 3 Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 21 2023, 16.18

TasteAtlas, ensiklopedia online tentang hidangan tradisional di seluruh dunia menobatkan kuliner Pulau Jawa menjadi nomor 3 terbaik di dunia. TasteAtlas memberikan rating 4,51 untuk kuliner di Pulau Jawa.

Tanah Jawa memang terkenal dengan beragam bumbu masakan yang sangat khas, baik dari rasa maupun aromanya yang kuat. Bumbu masakan itulah yang kemudian menjadikan kuliner Indonesia mampu diakui oleh dunia internasional.

Dilansir dari Instagram Pesona Indonesia, berikut ini enam kuliner Pulau Jawa yang dinobatkan menjadi nomor 3 terbaik di dunia.

1. Batagor

Batagor, makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari bakso, tahu serta siomay goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap. Rasa gurih dan pedasnya akan semakin mantap di lidah, manakala ditambah dengan air perasan jeruk nipis.

2. Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini memang sangat menggugah selera, apalagi warna hitam kuahnya yang berasal dari bumbu Jawa bernama kluwek, membuat siapa pun pasti ketagihan. 

Isi kuliner rawon ini adalah daging sapi, yang disajikan bersama kecambah, sedikit daun kemangi untuk pengharum, kerupuk udang, dan sambal bagi pecinta pedas.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam menjadi salah satu makanan favorit yang biasa disajikan pada pagi hari untuk sarapan. Selain penyajiannya yang simpel, bubur ayam banyak digemari juga karena topingnya yang terdiri dari daging ayam suwir, kacang, seledri dan daun bawang yang dipotong-potong, ditambah kerupuk udang ukuran kecil serta sambal.

4. Nasi Uduk

Kuliner Jawa berikutnya yang menjadi favorit banyak orang adalah nasi uduk, yakni nasi putih yang dikukus dengan santan, bersama bumbu-bumbu yang beraroma khas dan sangat wangi, yaitu pala, kayu manis, jahe, daun serai serta merica. Nasi uduk disajikan dengan lauk telur dadar yang dipotong-potong, dan tempe orek.

5. Serabi 

Kuliner satu ini berjuluk pancake-nya Indonesia, yang terbuat dari santan kelapa, tepung, dan gula Jawa. Makanan tradisional Jawa ini dapat disajikan dengan berbagai toping seperti parutan keju, susu kental manis, atau pun meses. Kini rasanya juga beragam, mulai dari rasa pandan, vanila, hingga coklat.

6. Soto Betawi

Soto asli Jakarta ini seringkali disajikan menggunakan jeroan sapi, tapi tak jarang juga disuguhkan dengan daging sapi.

Kuah sotonya yang merupakan campuran santan dan susu kuda, membuat kuliner ini menjadi salah satu yang terfavorit dengan rasanya yang khas. 

Salah satu yang membedakan soto Betawi dengan soto-soto lainnya di Indonesia adalah penggunaan santan, dan jeroan sapi yang melimpah dalam kuahnya. Kuah soto Betawi umumnya kental dan gurih, karena penggunaan santan yang melimpah.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Lima Lokasi Berburu Sunrise Beserta Kuliner Lokal yang Lezat

LAINNYA

May 29 2024, 11.17

Selain berburu sunrise atau matahari terbit, alangkah baiknya kalau sambil mencicipi kuliner lokal yang lezat.


Generic placeholder image

Rawon dan Laksa, Sup Khas Indonesia yang Mendunia

GAYA HIDUP

Feb 06 2024, 11.13

Dari sepuluh sup terenak di dunia, Rawon dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu.


Copyright Katadata 2022