Studi: Tidur Siang di Akhir Pekan Tingkatkan Kesehatan Jantung

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 22 2023, 20.24

Anda kurang tidur selama seminggu terakhir? Sebuah penelitian mengungkapkan,  tidur siang di akhir pekan dapat memberikan bonus berupa peningkatan kesehatan jantung.

Para peneliti dari Nanjing Medical University di Cina menganalisis data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), yang mengumpulkan informasi dari 3.400 orang dewasa Amerika Serikat yang berusia 20 tahun ke atas antara tahun 2017 dan 2018.

Survei ini mengumpulkan informasi tentang berapa lama peserta tidur pada hari kerja dan akhir pekan, serta apakah mereka memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Orang-orang yang tidur setidaknya satu jam lebih lama di akhir pekan daripada hari kerja terbukti memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, khususnya, stroke, penyakit jantung koroner, dan angina (nyeri dada karena berkurangnya aliran darah) dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur lebih lama.

Penurunan risiko paling signifikan terjadi pada mereka yang tidur kurang dari enam jam di hari kerja dan tidur setidaknya dua jam lebih lama di akhir pekan.

"Tidur kurang dari enam jam per malam meningkatkan risiko pelepasan hormon stres dan peningkatan serangan jantung dan stroke," kata Dr Marc Siegel, profesor klinis kedokteran di NYU Langone Medical Center kepada FOX News.

"Studi ini menemukan bahwa Anda dapat menebus utang tidur selama seminggu dan mengatur ulang dengan lebih dari dua jam ekstra di akhir pekan, sehingga risiko penyakit jantung Anda kembali ke titik awal," kata Siegel.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kebanyakan Orang dengan Penyakit Jantung Mengonsumsi Natrium dalam Jumlah Berlebihan

GAYA HIDUP

Apr 18 2024, 11.35

Di antara penderita penyakit jantung, 89% mengonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan yaitu 1.500 mg per hari.


Generic placeholder image

Konsumsi Minuman Pemanis Buatan Tingkatkan Masalah Jantung

GAYA HIDUP

Mar 07 2024, 07.02

Minum dua liter atau lebih minuman manis buatan setiap minggu dapat meningkatkan risiko kondisi jantung sebesar 20%.


Copyright Katadata 2022