Studi Temukan Jatuh Cinta Mengacaukan Pikiran Seseorang

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 10 2024, 14.10

Para ilmuwan telah menemukan mengapa Anda tidak bisa berhenti memikirkan orang Anda ketika Anda jatuh cinta. 

Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Behavioral Sciences dikatakan sebagai penelitian pertama yang memahami hubungan antara sistem aktivasi perilaku pikiran dan perasaan cinta romantis.

Para peneliti dari University of South Australia, Australian National University dan University of Canberra menganalisis tanggapan terhadap kuesioner dari 1.556 orang dewasa muda yang mengidentifikasi diri mereka sedang jatuh cinta.

Pertanyaan survei mengeksplorasi reaksi emosional peserta terhadap pasangannya, perilaku mereka di sekitar, dan fokus mereka pada orang yang mereka cintai. Para peneliti menemukan bahwa otak kita bereaksi berbeda ketika kita sedang jatuh cinta.

“Kami mengetahui peran oksitosin dalam cinta romantis karena gelombang oksitosin beredar ke seluruh sistem saraf dan aliran darah saat kita berinteraksi dengan orang yang dicintai,” jelas Phil Kavanagh, akademisi Universitas Canberra, dilansir dari New York Post.

Dikatakan pada studi, meskipun telah lama dipahami bahwa cinta romantis memicu pelepasan apa yang disebut “hormon cinta” yang bertanggung jawab atas euforia yang dirasakan seseorang saat jatuh cinta, namun studi baru ini menemukan bahwa jatuh cinta dapat mengacaukan bagian otak karena berebut untuk membuat bahagia, sehingga membuat kekasih menjadi pusat dunia Anda.

“Cara orang yang dicintai menjadi sangat penting, karena disebabkan oleh kombinasi oksitosin dengan dopamin, zat kimia yang dilepaskan otak kita selama cinta romantis,” jelas Kavanagh.

“Intinya, cinta mengaktifkan jalur di otak yang berhubungan dengan perasaan positif,” tambahnya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022