Lima Buah yang Perlu Dimakan Agar Berat Badan Tidak Naik

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 12 2024, 10.43

Kita semua tahu bahwa lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran dalam makanan kita akan membantu kesehatan. 

Selain membantu kesehatan, poin plusnya adalah dapat membantu tubuh kita menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman Thehealthy.com, berikut lima yang perlu Anda makan setiap hari agar berat badan tidak bertambah.

1. Bluberi
Dalam studi BMJ terhadap lebih dari 100.000 pria dan wanita, para peneliti menemukan bahwa subkelas antioksidan kuat yang disebut flavonoid, yaitu flavonol, flavan-3-ols, antosianin, dan polimer flavonoid, yang ditemukan dalam buah dan sayuran tertentu dapat mencegah penambahan berat badan.

Buah-buahan paling sehat dengan efek terbesar pada pemeliharaan berat badan adalah buah-buahan yang kaya akan flavonoid yang disebut antosianin, dan blueberry berada di urutan teratas dalam daftar ini.

Sekitar seperempat cangkir blueberry mengandung 10 miligram antosianin, dan setiap peningkatan 10 mg dikaitkan dengan penurunan berat badan sebanyak seperempat pon selama empat tahun, demikian temuan studi BMJ. 

2. Apel
Sangat bagus jika sebuah apel sehari dapat anda konsumsi. Apel kaya akan polimer flavonoid dan juga kaya serat, sehingga menjadikannya salah satu buah paling sehat untuk menurunkan berat badan.
 
Satu apel berukuran sedang dianggap satu porsi. Makanlah dengan kulitnya (yaitu tidak dikupas) untuk mendapatkan lebih banyak serat, antioksidan, dan kontrol yang lebih baik terhadap gula darah, kata Sharad Paul, MD, penulis The Genetics of Health: Understanding Your Genes for Better yang berbasis di Auckland, Selandia Baru. 

3. Buah pir
Pir juga dapat mencegah penambahan berat badan, menurut penelitian BMJ, hal ini sebagian besar disebabkan oleh polimer flavonoid.

Setiap tambahan 138 mg polimer flavonoid menghasilkan lebih sedikit penambahan berat badan selama masa penelitian empat tahun.

“Buah-buahan yang kaya antioksidan flavonoid dan tinggi serat adalah pilihan yang bagus,” kata Dr. Keri Peterson, MD, seorang internis di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City.  

4. Stroberi
Stroberi membantu menjaga berat badan karena alasan yang sama seperti blueberry. Stroberi kaya akan antosianin.

Mulailah memasukkan satu cangkir stroberi sehari ke dalam makanan Anda dengan mencobanya saat sarapan dengan yogurt rendah lemak atau oatmeal, sebagai camilan sore hari, atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam, kata Peterson. 

5. Paprika
Paprika sebenarnya adalah buah. Berada di peringkat teratas buah-buahan paling sehat, buah-buahan ini juga dapat membantu mengerem penambahan berat badan jika dimakan setiap hari, menurut penelitian.
 
Faktanya, paprika bahkan bisa mendorong penurunan berat badan. Capsaicin, komponen yang memberi rasa pedas pada cabai, tampaknya mendorong sel lemak putih untuk diubah menjadi lemak coklat pembakar energi, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Generic placeholder image

Latihan Ini Dapat Mempertahankan Kekuatan Kaki Pada Pensiunan

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 10.02

Massa dan fungsi otot rangka menurun secara alami seiring bertambahnya usia, yang memengaruhi mobilitas dan otonomi.


Copyright Katadata 2022