Ahli Gizi Sebut Puasa Lebih Bermanfaat untuk Kesehatan daripada Obat

blog_10

GAYA HIDUP

Jan 26 2024, 10.41

Nigel Calland, ahli gizi dan pelatih kebugaran asal Inggris menyebutkan bahwa puasa adalah praktik yang paling bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

“Jika Anda ingin benar-benar sehat, semoga Insya Allah para dokter menyuruh Anda berpuasa daripada memberi Anda obat,” kata Calland, dikutip dari Arab News.

Calland menjelaskan bagaimana puasa membawa perubahan signifikan pada tubuh setiap orang. Selama puasa, tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan dan kortisol, dan kekurangan makanan menyebabkan tubuh menggunakan sel-sel jahat sebagai energi. 

Menurut dia, tubuh beroperasi paling efisien ketika terkena guncangan, yang pada dasarnya memicu semua mekanisme internal yang diarahkan untuk bertahan hidup.

Nigel Calland adalah seorang ahli gizi dan pelatih kebugaran asal Inggris yang baru saja memeluk Islam selama tinggal di Arab Saudi. 

Sebelum menjadi pelatih kebugaran pribadi, Calland menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai insinyur. Pekerjaan ini membutuhkan banyak tenaga fisik, termasuk angkat beban, yang terbukti bermanfaat untuk sesi kebugarannya. 

Dengan menggunakan otot-ototnya baik di dalam maupun di luar gym, menginspirasi Calland untuk mengubah minatnya menjadi sebuah bisnis. 

Calland menyadari bahwa psikologi adalah faktor kunci dalam bidangnya. Ia memandang dirinya sebagai psikolog yang menekankan bahwa kesehatan dimulai dari dalam diri sendiri, dan cara terbaik untuk meningkatkannya adalah dengan menggerakkan tubuh. 

“Yang belum diketahui orang, penangkal depresi terbaik adalah olahraga, karena latihan ketahanan pun sebenarnya membangun mekanisme antidepresan di otot, sehingga justru melindungi tubuh,” tuturnya. 

Ia mengkritik praktisi modern, khususnya di dunia Barat, karena hanya bertindak sebagai pemasok obat yang meresepkan obat tanpa memberikan informasi holistik. Menurut dia, pencegahan adalah solusinya, bukan hanya perbaikan sementara. 

“Jika Anda menggerakkan tubuh, Anda merasa baik. Menggerakan tubuh, ada manfaat yang tidak terbatas,” tukas Calland.

Calland sangat menekankan pelatihan online untuk menjaga hubungan dengan klien di seluruh dunia, terutama di dunia Arab. Hal inilah yang menjadi alasan dirinya berada di Arab Saudi, setelah menerima undangan dari salah satu kliennya. 

Calland mengatakan, ia merasa lebih nyaman di Riyadh, berkat keramahan di sana, dan percaya bahwa ada lebih banyak waktu untuk memperlakukan orang sebagaimana mereka ingin diperlakukan. 

“Sangat indah melihat budayanya. Orang-orang menjadi lebih bahagia, lebih fokus. Dan hal utama yang saya amati, karena kami sudah beberapa kali bepergian, adalah seberapa baik perilaku anak-anak. Semua orang sangat tenang dan berbicara dengan sangat baik,” cerita Calland.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Copyright Katadata 2022