Menangis Bisa Hilangkan Stres hingga Membuang Racun Tubuh

blog_10

GAYA HIDUP

May 09 2023, 01.46

Setiap orang pasti pernah menangis, entah di kamar, kamar mandi, tempat kerja, bahkan saat sedang sendiri.  Menangis adalah respon emosional yang ditandai dengan pelepasan air mata dari mata. Hal tersebut merupakan salah satu reaksi alami, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti perasaan negatif, kehilangan, trauma, kondisi medis, atau stimulasi fisik.

Namun demikian, menangis sangat wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan. Sebab, faktanya menangis ternyata juga dapat memberi manfaat besar bagi tubuh dan pikiran.

Dilansir melalui laman The Health dan berbagai sumber, berikut manfaat menangis yang dapat Anda rasakan.

1. Menghilangkan stres
Salah satu manfaat menangis adalah membantu meredakan ketegangan fisik, karena merasa kesal. Lauren Bylsma, asisten profesor psikiatri di University of Pittsburgh mengatakan bahwa menangis dapat membantu mengembalikan tubuh ke homeostasis. Homeostasis adalah proses dan mekanisme otomatis yang dilakukan makhluk hidup untuk mempertahankan kondisi konstan agar tubuhnya dapat berfungsi dengan normal

2. Meningkatkan mood
Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa menangis akan membuat merasa lebih baik dan stres berkurang, terkadang memang begitu. Dalam survei sekitar dua pertiga orang umumnya melaporkan merasa lebih baik setelah menangis, ungkap Jonathan Rottenberg, seorang profesor psikologi di University of South Florida.

3. Meningkatkan komunikasi
Menangis juga dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi non verbal, di mana seseorang dapat mengekspresikan perasaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, dan ini dapat membantu meningkatkan komunikasi dengan orang lain.

4. Memperkuat ikatan
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain melalui air mata, kita mengungkapkan kerentanan kita sendiri. Dengan orang-orang yang suportif, hal itu dapat menciptakan perasaan ikatan dan koneksi yang meningkat. Oleh karena itu, menangis adalah sinyal bahwa kita merasa dekat dengan seseorang dan ini dapat meningkatkan respons empati dan hubungan emosional. 

5. Membuang racun
Ahli biokimia William Frey melakukan beberapa penelitian menangis yang inovatif pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, dan menunjukkan bahwa air mata membantu membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan. Dia membandingkan air mata seperti dari memotong bawang dengan air mata emosional, dan menemukan beberapa perbedaan kimiawi, seperti kandungan beberapa protein yang lebih tinggi dalam air mata emosional, yang mungkin disebabkan oleh pelepasan stres.

6.  Pembersih alami
Salah satu manfaat menangis yang diklaim adalah membantu membunuh bakteri. Sebab, air mata mengandung lisozim, protein yang dapat menghancurkan molekul berbahaya. 

7. Membantu kelembapan mata
Air mata membasahi mata dan menjaganya tetap sehat. Tetapi terlalu banyak menangis sebenarnya dapat mengiritasi mata, itulah sebabnya mata menjadi merah dan bengkak setelah sesi menangis yang lama. 

8. Meningkatkan kualitas tidur
Manfaat menangis dapat membuat seseorang merasa lebih santai, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Dengan menangis dapat membuat tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022