Studi Ungkap Paparan Sedang Matahari Dapat Meningkatkan Cadangan Ovarium

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 14.52

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari dalam jumlah sedang dapat meningkatkan cadangan ovarium pada wanita di atas usia 30 tahun.

Dilansir dari laman Medical Daily, sebuah penelitian yang diterbitkan di Steroid meneliti dampak paparan radiasi matahari terhadap kesuburan wanita. Para peneliti dari Universitas Tel Aviv dan Sheba Medical Center mempelajari kadar hormon tertentu, hormon anti-Müllerian (AMH), pada wanita berusia antara 20 dan 40 tahun dan meneliti bagaimana kadar ini bervariasi di berbagai musim dalam setahun.

Hormon Anti-Müllerian sangat penting untuk perkembangan organ intim bayi selama masa kehamilan. Kadar AMH yang lebih tinggi pada bayi laki-laki menghambat pembentukan organ reproduksi perempuan, sedangkan bayi perempuan hanya membutuhkan AMH dalam jumlah minimal untuk perkembangannya.

Para peneliti selanjutnya membagi kelompok usia menjadi dua kelompok, yaitu antara 30 dan 35 tahun dan antara 36 dan 40 tahun. Kelompok usia 36-40 tahun menunjukkan tingkat AMH yang lebih tinggi selama bulan-bulan dengan intensitas matahari sedang dan di musim panas dibandingkan dengan musim dingin, sedangkan kelompok usia 30-35 tahun tidak menunjukkan korelasi yang signifikan.

Penelitian ini belum menemukan hubungan sebab akibat antara kesuburan pada wanita dan paparan sinar matahari, namun terdapat hubungan antara keduanya. 

Penelitian ini juga belum mengidentifikasi tingkat optimal yang dibutuhkan untuk manfaat kesuburan. Akan tetapi, temuan ini menunjukkan bahwa paparan radiasi matahari dalam jumlah sedang mungkin bermanfaat bagi wanita berusia 30-an yang sedang mencoba untuk hamil.

Memahami tingkat paparan sinar matahari yang optimal sangatlah penting, karena tingkat paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti penuaan dini, penurunan kekebalan tubuh, dan kanker kulit. Meski demikian, temuan ini berkontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang bagaimana faktor eksternal dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Penelitian: Bekerja Shift Malam Rentan Alami Diabetes dan Obesitas

GAYA HIDUP

May 13 2024, 07.41

Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi dan sensitivitas insulin.


Generic placeholder image

Aktivitas di Alam Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa

GAYA HIDUP

May 07 2024, 10.20

Peneliti juga menemukan bahwa aktivitas sederhana dan mudah diakses ini memberikan kesejahteraan subjektif yang lebih baik.


Generic placeholder image

Ilmuwan Ungkap Cara Agar Manusia Bisa Menua Lebih Sehat

GAYA HIDUP

May 03 2024, 10.45

Olahraga tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat bagi jantung, otot, dan kesehatan mental.


Generic placeholder image

Stres Selama Masa Remaja Dapat Meningkatkan Risiko Depresi Pascapersalinan

GAYA HIDUP

Apr 19 2024, 15.10

Temuan ini menyiratkan bahwa stres di awal kehidupan dapat berkontribusi terhadap memburuknya depresi pascapersalinan dari sudut pandang patofisiologis.


Generic placeholder image

Sering Konsumsi Makanan Laut Meningkatkan Paparan Bahan Kimia

GAYA HIDUP

Apr 16 2024, 15.39

Temuan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.829 warga.


Copyright Katadata 2022