Obat-obatan yang Harus Anda Bawa Ketika Mudik Lebaran

blog_10

LAINNYA

Apr 08 2024, 15.36

Menjelang Idul Fitri, tradisi mudik dan bertemu dengan orang tua serta sanak saudara, pastinya masih menjadi agenda wajib untuk sebagian orang. Saat memutuskan untuk mudik, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, di antaranya fisik, mental, hingga obat-obatan penting yang harus dibawa.

Sakit atau tidak enak badan saat mudik lebaran tentu akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, membawa obat-obatan yang dibutuhkan selama perjalanan mudik sangat penting.

Dikutip dari laman alodokter, berikut adalah obat-obatan yang wajib Anda bawa saat mudik:

1. Obat demam

Demam merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dikeluhkan oleh pemudik.  Kondisi saat suhu tubuh naik lebih dari 38oC ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan akan semakin meningkat risikonya selama mudik karena tubuh lelah dan kurang istirahat.

Selain suhu tubuh yang naik, demam juga bisa membuat sejumlah keluhan lain, seperti pegal, tidak enak badan, tidak bisa tidur, bahkan pada anak bisa membuat mereka lebih rewel dari biasanya. Dengan membawa obat demam, seperti paracetamol atau ibuprofen, saat mudik, Anda jadi tidak pusing lagi untuk mencari pertolongan pertama jika mengalami demam.

2. Obat antinyeri

Kalau Anda melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, bus, atau kereta, obat antinyeri wajib masuk dalam daftar obat-obatan untuk mudik. Soalnya, pegal-pegal, nyeri punggung, atau nyeri pinggang sering kali dialami oleh pemudik yang menempuh perjalanan jauh selama berjam-jam.

Supaya nyeri nggak mengganggu perjalananmu, bawalah obat antinyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol, ibuprofen, obat oles yang berisi menthol, atau koyo.

3. Obat diare

Tak bisa dimungkiri, momen mudik menjadi waktu terbaik untuk menikmati kuliner khas daerah. Namun, terlalu banyak jajan atau makan sembarangan selama mudik bisa meningkatkan risiko terkena diare. Oleh karena itu, jangan lupa membawa obat diare, termasuk oralit.

4. Obat alergi

Pada beberapa orang, paparan udara dingin atau konsumsi makanan tertentu, seperti kacang dan telur, bisa memicu reaksi alergi.

Jika Anda memang punya riwayat alergi sebelumnya, sebisa mungkin hindari konsumsi dan paparan dari zat atau bahan pemicu alergimu. Selain itu, pastikan juga membawa obat dokter yang biasanya diresepkan untuk mengatasi reaksi alergi.

Biasanya, beberapa jenis obat alergi yang diresepkan dokter dan sebaiknya Anda bawa saat mudik mengandung diphenhydramine, cetirizine, atau loratadine. Untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping, pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai aturan penggunaan yang diberikan oleh dokter.

5. Obat antimual

Kalau Anda sering mabuk perjalanan, obat antimual tak boleh luput dari daftar obat-obatan yang harus dibawa saat mudik. Saat ini sudah tersedia beragam merek obat antimual yang ampuh dan dijual bebas. Beberapa di antaranya mengandung dimenhydrinate atau promethazine.

6. Aromaterapi

Aromaterapi, seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, atau minyak lavender juga menjadi obat-obatan yang harus dibawa saat mudik. Soalnya, minyak aromaterapi ini memiliki aroma menenangkan yang bisa menyembuhkan mual dan mencegah masuk angin atau mabuk perjalanan.

7. Obat luka

Meski sudah berhati-hati selama di perjalanan, tidak menutup kemungkinan ada peristiwa yang menyebabkan tubuhmu cedera, misalnya terjatuh, teriris, atau kecelakaan. Makanya, penting sekali membawa obat luka atau kotak P3K yang berisi kain kasa steril, plester luka, perban, serta cairan atau gel antiseptik.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mudik Lebaran, Perputaran Ekonomi di Sektor Pariwisata dan Ekraf Capai Rp276 Triliun

EKONOMI & BISNIS

Apr 16 2024, 13.22

Proyeksi pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini naik 50 persen.


Generic placeholder image

Lima Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Mudik Lebaran

LAINNYA

Apr 09 2024, 13.50

Pemudik disarankan untuk minum air putih yang cukup, menghindari makanan yang pedas dan asam.


Generic placeholder image

Lima Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil

LAINNYA

Apr 09 2024, 11.44

Ibu hamil boleh melakukan perjalanan jauh jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua.


Generic placeholder image

Empat Tips Praktis agar Listrik Aman saat Ditinggal Mudik

EKONOMI & BISNIS

Apr 08 2024, 12.32

Nyalakan lampu rumah seperlunya ketika Anda mudik.


Generic placeholder image

Lebih dari 60% Pemudik Akan Padati Daerah Jawa

LAINNYA

Apr 08 2024, 11.08

Selain mudik Lebaran, kegiatan sosial juga muncul sebagai kebiasaan baru yang dilakukan masyarakat di Indonesia


Copyright Katadata 2022