Lima Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil

blog_10

LAINNYA

Apr 09 2024, 11.44

Mudik merupakan tradisi sebagian besar orang Indonesia. Layaknya perjalanan jauh, mudik perlu dipersiapkan dengan matang. Apalagi jika Anda saat ini sedang mengandung.

Bagi Anda yang sedang hamil, sebelum mudik penting untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang sakit dan sudah mendapatkan izin dari dokter. 

Dikutip dari laman alodokter, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang akan melakukan mudik Lebaran:

1. Perhatikan usia kandungan

Sebelum memutuskan untuk mudik, Anda perlu memperhatikan usia kandungan terlebih dahulu. Umumnya, ibu hamil boleh melakukan perjalanan jauh jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau usia kehamilan 4–6 bulan.

Biasanya pada trimester ini sebagian ibu hamil sudah lebih fit, berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak mengalami morning sickness lagi. Sehingga, perjalanan mudik pun bisa dilalui dengan aman dan nyaman.

2. Pilih transportasi yang cepat dan aman

Selain memperhatikan usia kehamilan, Anda juga dianjurkan untuk memilih transportasi yang aman dan nyaman. Pesawat, kereta, dan mobil adalah transportasi yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebab, ketiga transportasi ini cenderung minim risiko, lebih nyaman, dan membuat perjalanan lebih cepat sampai ke kampung halaman.

Namun, jika Anda merasa ragu dengan transportasi yang dipilih, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter supaya perjalanan mudik tidak menimbulkan gangguan kesehatan Anda dan janin.

3. Bawa kebutuhan pribadi

Saat melakukan perjalanan jauh, Anda juga disarankan untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, vitamin prenatal, minyak aromaterapi, tisu kering dan basah, hand sanitizer, bantal leher, serta kantong plastik untuk wadah muntah. Kemasi semua kebutuhan tersebut dalam tas yang selalu Anda bawa.

4. Siapkan camilan sehat dan air minum

Ketika hamil, Anda akan sering merasa lapar. Oleh karena itu, bawalah camilan sehat, seperti roti, buah-buahan, kacang-kacangan, atau telur rebus, untuk dimakan di perjalanan.

Selain itu, bawa pula botol air minum di dalam tas. Karena, ibu hamil akan mudah haus dan rentan dehidrasi. Minumlah air putih sesering mungkin, supaya kebutuhan cairan harian pun tercukupi.

5. Pakai baju dan celana yang nyaman

Saat mudik, pakailah baju dan celana yang nyaman, longgar, dan berbahan katun supaya bisa menyerap keringat. Pakai pula pakaian dalam yang tidak ketat, supaya Anda nyaman duduk lama saat mudik.

Penting juga untuk memakai alas kaki yang empuk dan tidak licin, agar tetap nyaman selama perjalanan dan Anda tidak mudah terpeleset.

Selain itu, jika perjalanan mudik cukup jauh atau memakan waktu tempuh yang lama, jangan lupa melakukan peregangan rutin. Caranya cukup dengan berjalan-jalan sebentar atau melakukan sedikit gerakan di tempat duduk.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mudik Lebaran, Perputaran Ekonomi di Sektor Pariwisata dan Ekraf Capai Rp276 Triliun

EKONOMI & BISNIS

Apr 16 2024, 13.22

Proyeksi pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini naik 50 persen.


Generic placeholder image

Kepulauan Seribu Masih Jadi Destinasi Favorit Warga Jakarta untuk Berlibur

GAYA HIDUP

Apr 13 2024, 13.04

Mereka berwisata ke Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, dan Pulau Pramuka.


Generic placeholder image

Empat Cara Mencegah Kolesterol Naik Setelah Lebaran

LAINNYA

Apr 12 2024, 16.42

Kolesterol tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang cukup sering terjadi setelah Lebaran.


Generic placeholder image

Enam Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran

LAINNYA

Apr 11 2024, 06.34

Jangan lupa diri dengan menyantap semua hidangan Lebaran.


Generic placeholder image

Ucapkan Selamat Idul Fitri, PM Inggris Berharap Konflik Israel-Hamas Segera Berakhir

LAINNYA

Apr 10 2024, 05.36

Inggris akan berupaya menghentikan konflik di Gaza.


Copyright Katadata 2022