Burung Liar Berusia 72 Tahun Mencari Pasangan Baru

blog_10

LAINNYA

May 07 2024, 07.32

Burung liar tertua di dunia baru saja kehilangan pasangannya. Namun, burung Albatros Laysan, atau mōlī, yang dikenal sebagai Wisdom itu tidak perlu waktu lama untuk mencari pasangan baru.

Belum lama ini, Wisdom difoto sedang berdansa dengan calon pasangannya di Suaka Margasatwa Nasional Midway Atoll di Samudra Pasifik Utara.

Dikutip dari SWNS, burung laut ini dikenali dari nomor bandnya yang terkenal yaitu Z333. Dia diperkirakan berusia sekitar 72 tahun.

Menurut laporan, Wisdom hanya terlihat secara sporadis sejak tiba di musim bertelur pada akhir November.  Pada Maret lalu, ia terlihat bersosialisasi dengan burung-burung jantan. Pasangan lamanya, Akeakamai, belum terlihat pada musim ini.

“Mōlī betina bertelur pada paruh pertama bulan Desember dan mereka hanya bertelur satu kali dalam setahun,” kata Jonathan Plissner, ahli biologi satwa liar pengawas di suaka margasatwa nasional.

Namun hal itu tidak menghentikan Wisdom yang berusia 72 tahun untuk berpartisipasi dalam tarian kawin bulan lalu dengan beberapa pelamar.

“Dia masih aktif merayu burung lain pada bulan Maret. Dia cukup lincah untuk seekor burung septuagenarian,” kata Plissner.

Para ahli biologi pertama kali mengidentifikasi dan menandai Wisdom pada 1956 setelah dia bertelur. Burung laut besar tidak diketahui berkembang biak sebelum usia lima tahun.

Diperkirakan Wisdom telah menghasilkan 50 hingga 60 telur dan sebanyak 30 anak burung yang menetas selama hidupnya. Setiap tahun, jutaan burung laut kembali ke Suaka Margasatwa Nasional Midway Atoll di Samudra Pasifik Utara untuk bersarang dan membesarkan anak-anak mereka.

Tempat ini merupakan tempat perlindungan bagi jutaan burung laut, burung pantai, dan berbagai kehidupan laut yang semuanya menyebut pulau ini sebagai rumah mereka.

Fox News Digital melaporkan, ketika tidak bertelur, Wisdom menghabiskan 90% waktunya di laut, memakan cumi-cumi dan telur ikan. Albatros Laysan, yang dikenal sebagai mōlī dalam bahasa Hawaii, adalah burung laut yang berumur panjang dan berpasangan seumur hidup dengan satu pasangan. 

Burung-burung ini dinamai sesuai dengan koloni perkembangbiakan yang terdiri dari 145.000 pasangan di Laysan, salah satu Kepulauan Hawaii Barat Laut yang terletak 930 mil di barat laut Honolulu.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022