Katadata Insight Center Berikan Penghargaan Katadata ESG Awards untuk 33 Perusahaan

blog_10

LAINNYA

Aug 08 2024, 07.47

Katadata Insight Center, unit riset yang merupakan bagian dari Katadata, memberikan “Katadata Environmental, Social, & Governance Award (KESGI)” kepada 33 perusahaan di 8 sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BUMN), serta perusahaan negara (BUMN yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dan mengutamakan prinsip keberlanjutan. Penghargaan ini merupakan transformasi dari “Katadata Corporate Sustainability Index” yang telah dibuat sejak 2022.

Delapan sektor tersebut adalah keuangan (finance), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi dan logistik (transportation and logistics), bahan kimia (chemicals), energi (energy, serta industry) berbasis jasa layanan (hospitality). Pemberian award menjadi bagian rangkaian acara Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2024.

“Perusahaan-perusahaan ini menunjukkan komitmen untuk membangun rantai nilai berkelanjutan, serta bertanggung jawab melindungi lingkungan, keanekaragaman hayati, serta meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya sambil meminimalisir dampak ekologis dari bisnis mereka,” kata Direktur Katadata Insight Center, Adek Media Roza di Jakarta (Rabu, 7/8).  

Adek menjelaskan, penilaian KESGI mengacu pada persyaratan dari Peraturan OJK (POJK) No. 51/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik dan SEOJK No, 16/2021 tentang Bentuk dan Isi Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. Penilaian utama Katadata ESG Index berdasarkan pada ketersediaan data setiap perusahaan dari Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) terbaru dan dapat diakses melalui situs perusahaan per Juni 2024.

Secara umum, Katadata menilai aspek ESG (Environmental, Social, dan Governance), yang meliputi sub-aspek pelaporan biaya lingkungan hidup, material ramah lingkungan, energi, keanekaragaman hayati, emisi, limbah dan efluen. Selanjutnya aspek lain yang dinilai, yaitu pengaduan lingkungan, air, pembiayaan (khusus sektor finance), ketenagakerjaan dan masyarakat, tata kelola berupa sertifikasi dan keberagaman dewan direksi.

Adapun, perusahaan yang meraih penghargaan KCSA di sektor Finance, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Amar Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. Di sektor Mining, penghargaan diraih oleh PT Mitrabara Adiperdana Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Baramulti Suksessarana Tbk, dan PT Timah Tbk.

Di sektor Plantation, Katadata memberikan penghargaan penghargaan kepada PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk., PT Teladan Prima Agro Tbk, PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk, dan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. Sedangkan di sektor F&B yang menjadi penerima penghargaan adalah PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Diamond Food Indonesia Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk

Di sektor Transportation & Logistics, penghargaan diraih oleh PT Wintermar Offshore Marine Tbk, PT Buana Lintas Lautan Tbk, PT Transcoal Pacific Tbk, dan PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. Di sektor Chemicals, PT Barito Pacific Tbk, PT Avia Avian Tbk, PT Madusari Murni Indah Tbk, dan PT Chandra Asri Pacific Tbk yang menjadi penerima penghargaan. 

Di sektor Energy, penghargaan diberikan kepada PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Rukun Raharja Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Terakhir, penerima penghargaan di sektor Hospitality adalah PT Ciputra Development Tbk, PT Summarecon Agung Tbk, PT Red Planet Indonesia Tbk, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk.

Selain menghargai komitmen perusahaan di sektor sustainability, pemberian apresiasi Katadata ESG Awards ini juga untuk mendorong perusahaan agar memaparkan data-data secara lengkap. Hasil penilaian tersebut bentuk dukungan terhadap pembiayaan berkelanjutan dari lembaga pembiayaan, serta rujukan untuk bisnis berkelanjutan dari hulu hingga hilir. Apresiasi Katadata ESG Awards pertama kali diberikan pada 2022 dan akan terus berlangsung setiap tahun.

Penulis : Tim Publikasi Katadata

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Barito Pacific, Perusahaan Bahan Kimia Terdepan yang Usung Keberlanjutan

LAINNYA

Aug 09 2024, 13.49

Barito Pacific konsisten menerapkan prinsip-prinsip environmental, social, and governance (ES.G) yang kuat


Generic placeholder image

BSI Ajak Masyarakat Berikan Kontribusi di Isu Keberlanjutan

LAINNYA

Aug 09 2024, 13.47

BSI senantiasa berusaha memastikan bahwa perusahaan tidak hanya mematuhi prinsip-prinsip syariah dalam transaksi keuangan, tetapi juga secara aktif berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.


Generic placeholder image

Tata Kelola Unilever Indonesia Menjadi yang Terbaik di Sektor FMCG

LAINNYA

Aug 09 2024, 13.36

Unilever Indonesia mengungguli 41 perusahaan lain yang masuk dalam penilaian KESGI.


Generic placeholder image

IBC Dorong Penguatan Ekosistem Pasar Karbon di Dalam Negeri

EKONOMI & BISNIS

Aug 09 2024, 07.56

Bursa perdagangan karbon memegang peranan penting untuk menginsentif peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam negeri menuju 8 persen.


Generic placeholder image

BNP Paribas AM: Cara Pandang Masyarakat Terkait Investasi ESG Harus Diubah

EKONOMI & BISNIS

Aug 08 2024, 17.01

Produk investasi berbasis ESG dan berkelanjutan tidak bisa disamakan dengan investasi tradisional.


Copyright Katadata 2022