Pendidikan Politik kepada Masyarakat Melalui Film Aku Bukan Pilihan

blog_10

LAINNYA

Sep 26 2024, 14.09

Civitas akademia Politeknik Tempo meluncurkan web series film Aku Bukan Pilihan yang akan tayang di Genflix pada 26 September 2024. Film ini merupakan produksi bersama antara Politeknik Tempo dan rumah produksi Esa Film Production.

Sutradara film Aku Bukan Pilihan Nur Nidayat mengungkapkan, film ini menampilkan para mahasiswa Politeknik Tempo yang dibuat dengan biaya dari  program dana padanan (Matching Fund) Kedaireka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurut Nur, film ini layak ditonton sebelum masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak pada 27 November nanti.

“Jadi kita memilih tema yang berkaitan dengan pilkada sebagai bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat. Film ini memberi pesan penting bahwa orang baik itu akan selalu menang saat menghadapi orang jahat,” jelas Nur saat diskusi peluncuran Web Series film Aku Bukan Pilihan di Gedung Politeknik TEMPO, Kamis (26/9/2024).

Nur menambahkan, pembuatan film ini memakan waktu selama 6 bulan mulai dari tahap awal penulisan skenario hingga pasca-produksi. Pembuatan film ini juga merupakan bagian dari mata kuliah di Politeknik Tempo yaitu jurusan produksi media.

“Jadi mahasiswa bagian produksi media ini juga dibantu oleh jurusan lain dalam produksi lain termasuk serta redaksi TEMPO. Ini merupakan proyek film pertama yang dibuat Politeknik Tempo karena sebelumnya baru produksi film animasi,” jelas Nur.

Nur menambahkan, film dengan durasi 90 menit ini rencananya akan tayang dii bisokop. Namun, karena waktu yang mepet dan harus tayang sebelum perhelatan pilkada maka diputuskan tayang di Genflix.

Aktor senior Heri Cahyono yang tampil sebagai Hendy di film tersebut memuji penampilan para pemain film ini yang sebagian besar belum pernah berakting.

“Ini pengalaman pertama saya kerja bareng dengan Cintia Carla Adian yang belum pernah akting sama sekali. Saya tidak menyangka Cintia dan juga pemain lainnya bisa tampil bagus,” ungkap Heri.

Film Aku Bukan Piihan menampilkan tiga sosok utama yaitu Lala, Indra dan Hendy. Lala adalah anak dari Hendy yang mempunyai pacar Indra. Indra merupakan  sosok yang senang membela kaum marginal.

Sedangkan Lala adalah anak orang kaya yang semua kebutuhannya selalu dipenuhi oleh orangtuanya. Ayah Lala tengah mencalonkan diri menjadi Bupati dan berupaya dengan segala cara untuk bisa memenangkan pilkada termasuk dengan politik uang. Indra tidak suka dengan tindak-tindak ayah Lala yang memengaruhi hubungan mereka.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Peluncuran Web Series 'Aku Bukan Pilihan' Hadirkan Inspirasi Pasca-Pemilu

LAINNYA

Sep 25 2024, 14.24

Web series karya civitas akademika Politeknik Tempo yang memberikan inspirasi tentang makna keberagaman dan rekonsiliasi pasca-Pemilu akan diluncurkan Kamis, 26 September 2024.


Generic placeholder image

Survei KIC: Mantan Gubernur Jakarta, Banten & Sumatera Utara Tertinggal

LAINNYA

Jun 06 2024, 14.59

Di Jawa Barat, Ridwan Kamil dipersepsikan paling pantas oleh 39.5% reponden survei.


Generic placeholder image

Riset: Jurnalis Berpotensi Mengalami Kekerasan dalam Pilkada Serentak

LAINNYA

May 31 2024, 19.35

Sebanyak 84% jurnalis melaporkan peningkatan tekanan/ancaman terhadap jurnalis selama proses pemilu yang lalu.


Copyright Katadata 2022