Asal-muasal Halloween Diperingati Tiap 31 Oktober di Seluruh Dunia

blog_10

LAINNYA

Oct 31 2023, 07.19

Halloween adalah salah satu tradisi tertua di dunia. Ini karena Halloween menyentuh elemen penting dari kondisi manusia: hubungan antara yang hidup dan yang mati. 

Dilansir dari laman BBC, perayaan ini berevolusi dari ritual kuno yang awalnya menandai peralihan dari musim panas ke musim dingin.Negara-negara di seluruh dunia merayakan Halloween dalam berbagai bentuk, mulai dari Hari Kematian di Meksiko hingga Hari Menyapu Makam di Cina. 

Amerika Serikat dan Kanada juga ikut merayakan Halloween yang awalnya berasal dari festival Celtic, Samhain, 2.000 tahun yang lalu. Bangsa Celtic percaya bahwa Samhain adalah hari di mana jarak antara dunia kita dan dunia roh menjadi kabur, sehingga memudahkan roh orang mati untuk kembali. Untuk memperingati hari itu, mereka akan membuat api unggun besar, mengenakan kostum dan meramal.

Selama bertahun-tahun, ketika Romawi menaklukkan sebagian besar Eropa dan agama Kristen menyebar ke tanah Celtic, tradisi kepercayaan dan budaya ini bercampur. Akhirnya, festival Kristen "All Saints" atau "All Souls Day", atau yang dikenal sebagai All-Hallows, mengambil alih malam sebelumnya disebut All Hallows Eve yang mengarah pada nama Halloween.

Setiap 31 Oktober, orang-orang di seluruh Amerika Serikat mengenakan kostum seram, mengadakan pestadan berkeliling dari rumah ke rumah untuk membagikan permen untuk merayakan Halloween.

Menurut sejarah, hari raya Harvest Moon adalah untuk memperingati arwah orang yang telah meninggal. Seiring berjalannya waktu, perayaan ini telah menjadi acara yang lebih ringan dan lebih mengarah ke hal-hal gaib, dengan labu yang diukir, dekorasi hantu, kostum dari dunia lain, dan rumah hantu.

Kostum adalah bagian klasik dari Halloween, semakin aneh, semakin baik. Beberapa orang memilih kostum yang mengacu pada ikon budaya populer saat ini (yang paling laris sebelumnya termasuk Justin Bieber dan Britney Spears). Yang lainnya memilih hantu, vampir, atau zombie yang menyeramkan. Kontes membuat kostum sendiri adalah hal yang biasa dilakukan saat Halloween, kostum yang lebih kreatif biasanya menang. 

Halloween adalah hari di mana anak-anak di mana saja dapat menikmati seember permen gratis. Di setiap perhentian, anak-anak berkata, "Trick or treat!" yang berarti bahwa jika pemilik rumah tidak membagikan permen, anak tersebut akan melakukan suatu tipuan atau kenakalan.

Etika untuk melakukan trick-or-treat sangatlah sederhana: Tunggu giliran Anda, bersikaplah sopan dan ambil satu permen kecuali jika ditawari lebih. Anak-anak akan mengunjungi setiap pemberhentian hanya sekali.

Jack-o'-lanterns, atau labu berukir yang diterangi dengan lilin dari dalam, adalah tradisi Halloween yang ikonik. Banyak rumah yang menampilkan labu yang diubah menjadi wajah tersenyum dan bergigi sebagai ucapan selamat datang pada musim gugur. 

Industri film Hollywood juga ikut menyambut Halloween setiap tahun dengan mengeluarkan film horor terbaru di bioskop. Tahun ini, ada sejumlah film horor yang bisa Anda saksikan. Mulai dari SAW X hingga yang terbaru Five Nights at Freddy’s.

Selamat merayakan Halloween….

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Permen Halloween Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

GAYA HIDUP

Oct 31 2023, 14.01

Hal itu disampaikan di sebuah laporan dari Shiny Smiles Veneers, yang mana menunjukkan bahwa 35% orang Amerika pernah mengalami masalah gigi yang berhubungan dengan permen.


Generic placeholder image

Film Horor Five Nights at Freddy’s Pecahkan Rekor di Box Office Amerika

GAYA HIDUP

Oct 30 2023, 07.09

Five Nights at Freddy’s juga menjadi film terlaris produksi Blumhouse di sepanjang masa.


Generic placeholder image

Jelang Halloween, Film Horor Serbu Bioskop

LAINNYA

Oct 09 2023, 07.18

The Exorcist: Believer jadi film horor terlaris pada minggu ini.


Copyright Katadata 2022