10 Tradisi Unik Perayaan Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

blog_10

LAINNYA

Dec 31 2023, 10.11

Perayaan malam tahun baru selalu identik dengan pesta kembang api yang sangat meriah, yang dirayakan di kota, dan negara manapun. Selain kembang api, perayaan malam tahun baru umumnya juga diwarnai dengan kegiatan membakar jagung sebagai makanan khas menyambut tahun baru.

Dari semua itu, ada 10 tradisi unik perayaan malam tahun baru di berbagai negara yang jarang sekali diketahui. Apa saja tradisi unik itu? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana dilansir dari Time.

1. Penjatuhan Bola di Times Square New York

Tradisi penjatuhan bola di Times Square Kota New York, Amerika Serikat ini sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 1907, meskipun ada versi lain yang juga mengatakan tradisi ini dimulai pada tahun 1800-an.

Setiap tahun, pusat Kota New York selalu dipadati oleh ribuan orang yang akan merayakan malam pergantian tahun, dan jika jarum jam berada di angka 23.59 malam, tradisi penjatuhan bola pun dimulai.

Bola yang dinamakan Times Square Ball, yang ditopang oleh sebuah tiang khusus itu dijatuhkan dari atap One Times Square selama 60 detik.

Bola ini merupakan benda kuno yang pada zaman dulu dipakai oleh navigator untuk memeriksa kronometer laut mereka dari kapal di lepas pantai. 

2. Melompati Ombak dan Mengenakan Baju Putih

Dalam merayakan tahun baru, masyarakat Brazil mengenakan baju putih dan pergi ke pantai. Saat tiba di lautan, beberapa orang melakukan tradisi memberikan persembahan kepada Lemanjá, atau Yemanja, yaitu Dewi Lautan dari agama tradisional Afro-Brasil, Candomblé dan Umbanda. 

Persembahan tersebut ditempatkan di perahu dan dilarung ke laut. Para peserta juga secara tradisional melompati tujuh ombak, sebagai ungkapan terima kasih kepada Lemanjá untuk sesuatu yang baik, yang terjadi pada tahun lalu. Setelah selesai, mereka keluar dari air dengan tidak membelakangi laut, agar tidak menerima nasib buruk.

3. Pijakan Pertama

Salah satu tradisi di Skotlandia, di mana perayaan malam tahun baru dikenal sebagai Hogmanay, yang artinya pijakan pertama, yaitu kaki pertama melangkah memasuki rumah seseorang setelah tengah malam. 

Untuk memastikan keberuntungan tahun baru itu datang dengan baik, tamu pertama secara tradisional haruslah seorang pria bertubuh tinggi dan berambut hitam, yang membawa potongan batu bara, roti, garam, roti hitam, dan wiski.

4. Membunyikan Lonceng sebanyak 108 Kali

Di Jepang, kuil-kuil Buddha membunyikan lonceng sebanyak 108 kali pada perayaan malam tahun baru. Hal ini karena dalam ajaran Buddha diyakini ada 108 jenis keinginan duniawi, dan di setiap pukulan lonceng akan menghilangkan satu keinginan. 

Tradisi ini disebut Joya no Kane. Jo berarti membuang yang lama, dan beralih ke yang baru, sedangkan Ya berarti malam.

5. Menggantung Bawang

Secara tradisional, keluarga di Yunani pergi ke gereja pada hari tahun baru.  Sepulang kebaktian, mereka akan menggantung bawang di pintu, atau di dalam rumah mereka sebagai simbol kesehatan, kesuburan, dan umur panjang.

6. Menemukan 12 Buah Bulat

Di Filipina, perayaan malam tahun baru dimeriahkan dengan menampilkan benda-benda berbentuk bulat, karena bentuk bulat diyakini melambangkan kemakmuran. 

Masyarakat Filipina juga memetik 12 buah bulat untuk setiap bulan dalam setahun, dan mengisi kantong mereka dengan koin, atau meninggalkannya di atas meja untuk menarik kekayaan, serta mengenakan manik-manik untuk keberuntungan.

7. Menonton Komedi Inggris

Orang Jerman, bersama dengan beberapa orang Eropa lainnya, memiliki tradisi menonton sketsa komedi Inggris hitam putih yang sama dari tahun 1960-an, yaitu tentang kepala pelayan yang melayani majikannya yang berusia 90 tahun, dan tamu khayalannya yang telah meninggal pada malam tahun baru. Tradisi ini dilakukan sejak tahun 1972.

8. Membawa Koper Mengelilingi Blok

Di beberapa negara Amerika Latin, orang-orang berjalan atau berlari dengan koper kosong mengelilingi blok untuk membawa keberuntungan, dan mewujudkan lebih banyak perjalanan di tahun yang baru.

9. Melompat ke Tahun Baru

Di malam tahun baru, orang Denmark akan melompat dari kursi, atau sofa mereka ketika tengah malam tiba. Jika mereka lupa melompat saat tengah malam, hal ini dianggap akan membawa kesialan sepanjang tahun baru.

10. Makan Selusin Buah Anggur

Orang Spanyol merayakan malam tahun baru dengan memasukkan 12 buah anggur ke dalam mulut mereka. Satu buah untuk setiap dentang jam yang menandai tengah malam, yang dianggap membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang. 

Buah anggur yang mereka makan adalah jenis anggur tradisional berkulit tipis dan berwarna hijau pucat, yang dipanen pada akhir November atau Desember. Tradisi ini sudah ada sejak lebih dari seabad yang lalu.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Punya Resolusi Tahun Baru? Ini Cara Mewujudkannya

GAYA HIDUP

Jan 03 2024, 10.30

Beri diri Anda waktu untuk beradaptasi dan membuat perubahan.


Generic placeholder image

Lima Kota dengan Perayaan Tahun Baru yang Mengesankan

LAINNYA

Dec 24 2023, 04.27

Kota-kota ini merayakan Tahun Baru secara meriah mulai dari kembang api hingga pesta budaya.


Copyright Katadata 2022