Pemberdayaan UMKM Kuliner di Solo melalui Festival Makan-Makan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Apr 27 2024, 16.11

Festival Makan-Makan Mangkunegaran yang merupakan bagian dari Adeging Mangkunegaran ke-267 presented by PermataBank diikuti oleh 80 tenant yang ada di Solo.

Pengageng Panti Budaya Mangkunegaran Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sujiwo mengungkapkan, Festival Makan-Makan ini merupakan upaya pemberdayaan UMKM lokal khususnya kuliner di Solo serta abdi dalam yang berada di bawah Projo Mangkunegaran.

“Kita semua tentu suka makan. Di sini ada 80 tenant dan ada 10 kuliner pilihan Mangkunegaran. Festival Makan-Makan ini merupakan ide dari KGPAA Mangkoenegoro X yang ingin memberdayakan masyarakat lokal serta juga abdi dalam,” kata GRA Ancillasura saat membuka acara Festival Makan-Makan di Pura Mangkunegaran, Sabtu (27/4/2024).

GRA Ancillasura menambahkan, festival makan-makan ini diharapkan bisa memperkenalkan kuliner khas Solo kepada warga sekitar dan juga warga di luar Solo.

Selain itu, kata dia, festival makan-makan ini merupakan langkah nyata Pura Mangkunegaran memajukan ekonomi melalui kolaborasi dalam rangka menyejahterakan masyarakat Solo dan juga abdi dalam di bawah Projo Mangkunegaran.

Co-founder dan COO Katadata Indonesia, Ade Wahjudi menambahkan, semua tenant yang berpartisipasi di Festival Makan-Makan dikurasi langsung oleh Mangkunegaran.

Ade mengatakan, pada tahun depan diharapkan ada lebih banyak lagi kuliner pilihan Mangkunegaran yang bisa ambil bagian di Festival Makan-Makan.

“Tiap tahun kita akan mencoba meningkatkan kualitas tenant, harapannya acara ini bisa menjadi festival yang membantu  UMKM untuk dekat dengan masyarakat. Khusus untuk masyarakat dari luar Solo bisa melihat langsung makanan pilihan Mangkunegaran,” ujar Ade.

Division Head Corporate  Communication PermataBank Glenn Ranti menambahkan, PermataBank senang bisa berpatisipasi dalam perayaan ulang tahun Pura Mangkunegaran ke-267.

“Kita berharap dalam dua hari ini, masyarakat Solo dan sekitarnya bisa terhibur dengan sejumlah rangkaian acara Adeging Mnagkunegaran ke-267 mulai dari Festival Makan-Makan, Mangkunegaran Run in Solo serta Royal Dinner,” kata Glenn.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Merawat Bersama Kebudayaan Melalui Adeging Mangkunegaran ke-267

GAYA HIDUP

Apr 18 2024, 10.38

Rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini berupa kegiatan budaya, musik, hingga olahraga.


Generic placeholder image

Tiga Event Besar Sisiplus di 2024

LAINNYA

Apr 01 2024, 08.22

Tidak hanya di Jakarta, tapi tiga event besar itu juga digelar di Solo, Jawa Tengah dan Bali.


Generic placeholder image

NgabubuRun 5K, Ajang Pemanasan Menjelang Mangkunegaran Run in Solo

LAINNYA

Mar 24 2024, 10.53

Mangkunegaran Run in Solo 2024 merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran, Katadata, Yayasan DNC dan dipersembahkan oleh PermataBank.


Generic placeholder image

Jelang MN Run 2024, Ratusan Pelari Ikuti Lomba 7K di Car Free Day

LAINNYA

Mar 10 2024, 08.38

Mangkunegara Run in Solo (MN Run) 2024 akan digelar pada 28 April nanti.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022