Ini Alasan Sebaiknya Jangan Merahasiakan Password Apa Pun dari Keluarga

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 08 2024, 19.17

Ternyata menyimpan password atau kata sandi ponsel, media sosial, atau apa pun itu dengan sangat aman ternyata tidak selalu merupakan ide yang terbaik.

Namun, yang penting adalah untuk selalu menjaga password tetap aman.

Di zaman digital ini, semua pengguna smartphone dianjurkan untuk mengunci akun yang ada di smartphone mereka dengan rangkaian huruf, angka, dan karakter khusus yang panjang serta rumit, untuk menjaganya tetap aman dari para peretas.

Tapi ternyata, password atau kata sandi tersebut tidak harus selalu dirahasiakan dari semua orang, terutama keluarga, karena kerahasiaan itu bisa membuat segalanya menjadi lebih rumit untuk jangka panjang.

Menurut sebuah diskusi baru-baru ini di Reddit, setidaknya ada satu orang yang harus diberi kepercayaan oleh pengguna untuk mengetahui password ponselnya. Dan pasangan si pengguna merupakan orang yang tepat untuk diberi kepercayaan dalam menyimpan password ponsel.

Dalam sebuah utas berjudul 'Biarkan pasangan Anda mengetahui kata sandi Anda', seorang pengguna menjelaskan mengapa dia berbagi segalanya dengan istrinya.

"Dia tidak membutuhkan akses, sampai dia membutuhkannya," tulis si pengguna smartphone, seperti dikutip dari Lad Bible.

Redditor ini melanjutkan dengan menulis bahwa dia telah mengalami serangkaian musibah selama beberapa tahun terakhir, yang membuatnya menyadari pentingnya memastikan anggota keluarga memiliki akses ke dokumen-dokumen penting miliknya.

Ia menjelaskan bagaimana dirinya berada dalam situasi yang sulit selama beberapa tahun sebelumnya, tepatnya saat kematian ayahnya. Semasa ayahnya hidup, ayahnya tak pernah sekalipun berbagi password ponsel dengan siapa pun, bahkan dengan anggota keluarga, sehingga tak satu pun anggota keluarganya yang mampu mengakses ponsel ayahnya saat memerlukan data-data penting.

"Ketika ayah saya meninggal, kami tidak bisa mengakses telepon atau akun online-nya. Itu sangat mengerikan,” ungkap si Redditor.

Pengalaman serupa juga diceritakan oleh pengguna smartphone lainnya, yaitu ketika pasangannya meninggal dunia, ia benar-benar tak bisa mengakses ponsel pasangannya untuk mengambil data-data penting yang dibutuhkan, karena saat pasangannya masih hidup, si pengguna ponsel tak pernah sekalipun diberitahu mengenai password ponsel tersebut.

"Pasangan saya meninggal dunia secara tiba-tiba pada bulan September dan saya juga sangat menyarankan untuk berbagi kata sandi/kode. Saya tidak akan pernah bisa masuk ke ponsel atau tabletnya dan itu membuat saya sedih," tulis salah satu pengguna.

Untuk itu, perlu adanya keterbukaan antar anggota keluarga dalam berbagi password atau kata sandi, atau minimal kata sandi tersebut disertakan dalam surat wasiat, agar anggota keluarga yang lain bisa mengakses data-data penting yang dibutuhkan, apabila terjadi sesuatu pada si pemilik ponsel.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ini 20 Kombinasi PIN yang Tidak Aman untuk Digunakan di Smartphone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 06 2024, 16.27

Dalam membuat kode pengaman smartphone, para peneliti telah memperingatkan kombinasi yang paling sering digunakan adalah tergolong tidak aman.


Generic placeholder image

TikTok Uji Coba Pengguna Bisa Unggah Video Sampai 60 Menit

TEKNOLOGI DIGITAL

May 17 2024, 11.38

TikTok telah meningkatkan batas tersebut selama beberapa tahun terakhir.


Generic placeholder image

Apple Umumkan Berbagai Fitur Aksesibilitas Baru, Termasuk Pelacakan Gerakan Mata

TEKNOLOGI DIGITAL

May 17 2024, 11.15

Fitur ini dirancang untuk pengguna dengan keterbatasan fisik.


Generic placeholder image

Literasi Digital Lindungi Masyarakat dari Kejahatan Siber

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 23 2024, 16.13

Pemerintah dan pihak swasta perlu mengemban peran ini sebagai bagian dari komunikasi publik.


Generic placeholder image

Pemanfaatan AI di Bidang Humas Perlu Disertai Pedoman Etika

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 23 2024, 16.05

Kominfo menyadari, pemanfaatan kecerdasan artifisial ini rentan menimbulkan masalah lain, seperti polarisasi, disinformasi, pelanggaran hak cipta, dan lain-lain.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022