Mengatasi Dampak Krisis Iklim dengan Kecerdasan Buatan

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Nov 28 2023, 14.40

Perusahaan rintisan di Silicon Valley, ClimateAi, sedang mengembangkan platform kecerdasan buatan untuk mengevaluasi seberapa rentan tanaman terhadap kenaikan suhu dalam dua dekade mendatang. Alat ini menggunakan data tentang iklim, air, dan tanah di lokasi tertentu untuk mengukur seberapa layak lanskap tersebut untuk ditanami di tahun-tahun mendatang.

Maharashtra, India, adalah salah satu studi kasus pertamanya pada  2021. Para petani dapat masuk ke aplikasi ClimateAi dan memasukkan benih apa yang mereka tanam dan di mana mereka ingin menanamnya.

Dengan data tersebut, ClimateAi menjalankan simulasi dan menemukan bahwa panas ekstrem dan kekeringan akan menyebabkan penurunan produksi tomat sekitar 30% di wilayah tersebut dalam dua dekade mendatang. Hal ini memperingatkan para petani bahwa mereka harus mengubah strategi mereka.

Hasilnya berdampak positif. Produsen tomat menyesuaikan rencana bisnis mereka dengan beralih ke varietas benih yang lebih tahan terhadap iklim dan menggeser waktu penanaman benih tomat. 

“Menemukan lokasi penanaman baru biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama bagi petani yang terkena dampak perubahan iklim, tetapi " hal itu bisa dilakukan dalam hitungan menit, dan juga menghemat banyak biaya," kata Himanshu Gupta, CEO dan salah satu pendiri ClimateAi.

"Cara kami berpikir tentang AI adalah bahwa AI adalah pengganda waktu dan efektivitas untuk solusi perubahan iklim," kata Gupta kepada CNN.

Menilai risiko masa depan yang lebih baik untuk pertanian hanyalah salah satu cara teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk mengatasi krisis iklim.

AI pertama kali masuk ke dalam kesadaran publik tahun ini berkat perangkat AI yang populer dan digunakan oleh konsumen seperti ChatGPT, dan para ahli mengatakan bahwa teknologi ini akan merevolusi banyak industri. 

Namun, para peneliti iklim selama bertahun-tahun telah memikirkan bagaimana AI dapat membantu memahami dan mengatasi perubahan iklim dengan lebih baik. Sekarang, para ahli mengatakan bahwa AI siap untuk mempercepat segala sesuatu mulai dari mengurangi polusi hingga meningkatkan model cuaca.

"Efisiensi adalah satu hal yang sangat baik dilakukan oleh AI, mengoptimalkan keputusan, mengoptimalkan sumber daya. Ini adalah sistem yang memiliki kemampuan prediksi yang sangat kuat yang dapat sangat membantu dalam banyak domain, mulai dari (memahami) molekul berskala kecil hingga sistem iklim yang lebih luas untuk membantu kita memerangi perubahan iklim,”kata Fengqi You, ketua profesor di fakultas teknik Cornell University.

Dengan laju pemanasan bumi yang sangat cepat, mempercepat penerapan AI dan mengimplementasikan solusi menjadi hal yang penting. Para ahli mengatakan bahwa para insinyur perangkat lunak harus bekerja sama dengan para ilmuwan iklim untuk menemukan keseimbangan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

IPB University Buka Program Studi Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 26 2024, 13.24

Lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai AI Engineer/ML Engineer, Data Scientist, Peneliti (AI Research Scientist) hingga Robotic AI Specialist.


Generic placeholder image

Indonesia Hadapi Tantangan Perubahan Iklim Melalui Pemanfaatan Energi Panas Bumi

LAINNYA

Jul 11 2024, 07.41

Transisi energi menuju energi terbarukan juga telah muncul sebagai solusi penting dalam menghadapi tantangan global yang mendesak.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Studi ILO: Kecerdasan Buatan Menambah Pekerjaan

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 20 2024, 20.29

Dampak terbesar dari teknologi ini bukan pada hilangnya lapangan kerja, melainkan potensi perubahan pada kualitas pekerjaan.


Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022