Meta Perketat Konten Sensitif untuk Remaja di Instagram dan Facebook

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 10 2024, 13.49

Meta Platforms akan menyembunyikan lebih banyak konten sensitif dari remaja di Instagram dan Facebook, setelah regulator di seluruh dunia menekan raksasa media sosial tersebut untuk melindungi anak-anak dari konten berbahaya di aplikasinya.

Semua remaja sekarang akan ditempatkan dalam pengaturan kontrol konten yang paling ketat di aplikasi dan istilah pencarian tambahan akan dibatasi di Instagram.

“Kami ingin remaja mendapatkan pengalaman yang aman dan sesuai usia di aplikasi kami. Kami telah mengembangkan lebih dari 30 alat dan sumber daya untuk mendukung remaja dan orang tua mereka, dan kami telah menghabiskan lebih dari satu dekade mengembangkan kebijakan dan teknologi untuk mengatasi konten yang melanggar aturan kami atau dianggap sensitif. Hari ini, kami mengumumkan perlindungan tambahan yang berfokus pada jenis konten yang dilihat remaja di Instagram dan Facebook,” kata Meta dalam postingan blog resmi mereka. 

Meta menilai langkah ini akan mempersulit remaja untuk menemukan konten sensitif seperti bunuh diri, menyakiti diri sendiri, dan gangguan makan ketika mereka menggunakan fitur seperti Pencarian dan Jelajahi di Instagram.

Selain itu, perusahaan yang dikelola Mark Zuckerberg itu mengatakan langkah-langkah ini akan membantu remaja mendapat pengalaman yang lebih “sesuai dengan usia”.

Ambil contoh, seseorang yang memposting tentang perjuangannya yang sedang berlangsung melawan pikiran untuk menyakiti diri sendiri. Ini adalah kisah yang penting dan dapat membantu menghilangkan stigma terhadap isu-isu tersebut.

Namun, karena hal tersebut adalah topik yang kompleks dan belum tentu cocok untuk semua generasi muda. Maka, Meta akan mulai menghapus jenis konten ini dari pengalaman remaja di Instagram dan Facebook, serta jenis konten lain yang tidak sesuai usia. 

“Kami sudah bertujuan untuk tidak merekomendasikan jenis konten ini kepada remaja di tempat-tempat seperti Reels dan Explore, dan dengan perubahan ini, kami tidak akan lagi menampilkannya kepada remaja di Kabar Beranda dan Stories, meskipun konten tersebut dibagikan oleh seseorang yang mereka ikuti,” jelas Meta. 

Meta mengatakan akan mulai meluncurkan perubahan ini kepada remaja berusia di bawah 18 tahun dan perubahan ini akan sepenuhnya diterapkan di Instagram dan Facebook dalam beberapa bulan mendatang.  

Diketahui, Meta berada di bawah tekanan baik di AS dan Eropa atas tuduhan bahwa aplikasinya membuat ketagihan dan telah membantu memicu krisis kesehatan mental remaja.

Jaksa agung di 33 negara bagian AS termasuk California dan New York menggugat perusahaan tersebut pada bulan Oktober, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut berulang kali menyesatkan masyarakat tentang bahaya platformnya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak dan Bermanfaat

GAYA HIDUP

Jul 23 2024, 12.59

Alasan utama orang menggunakan media sosial adalah untuk terhubung dengan keluarga dan teman.


Generic placeholder image

Meta akan Luncurkan Fitur Perlindungan untuk Cegah Pemerasan Seksual

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 17 2024, 14.51

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa penipu pemerasan seksual sering menggunakan pesan pribadi untuk membagikan, atau meminta gambar intim.


Generic placeholder image

Instagram Uji Coba Fitur Baru untuk Lindungi Anak Muda dari Sextortion

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 22.41

Salah satu fitur baru ini akan mendeteksi dan memburamkan gambar yang mengandung ketelanjangan.


Generic placeholder image

Di Eropa, Anak Usia 13 Tahun Sudah Boleh Menggunakan WhatsApp

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 13.18

WhatsApp dituding mengutamakan keuntungan pemegang saham dan mengesampingkan keselamatan anak-anak.


Generic placeholder image

Tiru Instagram, TikTok Akan Luncurkan TikTok Notes

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 10.30

Fenomena peniruan merajalela di seluruh platform media sosial.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022